Berikut 14 Alasan Memilih Mulyadi Mursali, Ini Uraiannya !

oleh -946 views

BULUKUMBA, BERITA SELATAN, Com -Dengan sistem demokrasi perwakilan yang berlaku di Indonesia saat ini, rakyat setuju menyerahkan pengelolaan negara ini di tangan para anggota Dewan.

Keputusan- keputusan penting, termasuk penyusunan konstitusi, dan pangawasan yang diambil para wakil rakyat tersebut akan sangat menentukan masa depan bangsa. Begitu juga di level Provinsi dan Kabupaten, Karena itu seharusnya para wakil rakyat diambil dari pribadi  terbaik dari negara ini.

Namun, sudahkah figur terbaik bangsa ini yang mengisi posisi penentu masa depan bangsa tersebut? Begitu juga pertanyaan yang sama di tujukan untuk wakil kita di level DPRD Provinsi hingga Kabupaten?

Berpijak dari kenyataan itu, Pemilihan Umum 2019 yang akan dihelat pada 17 April mendatang, diharapkan dapat menghasilkan para legislator yang lebih baik, mempuni dan amanah yang betul-betul bekerja untuk kepentingan orang banyak di atas kepentingan pribadi dan kelompok saja.

Kali ini penulis akan membahas kontestasi di level DPRD Provinsi Dapil V Bulukumba-Sinjai. Untuk diketahui, dari data yang dihimpun di Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Dapil V saja, ada 96 caleg yang akan berkompetisi memperebutkan 6 kursi dari total 85 kursi di DPRD Provinsi yang tersebar di sebelas daerah pemilihan Se Sulawesi selatan. Salah satunya adalah, Mulyadi Mursali yang juga merupakan caleg DPRD Provinsi Sulsel.

Untuk lebih mengenal sosoknya, ditemui di kediamannya beberapa waktu lalu yang terletak di Jalan Nangka, kota Bulukumba, politisi berusia 45 tahun ini kepada penulis menceritakan alasannya maju sebagai calon legislator, sebagai sarana untuk berkontribusi lebih luas ke masyarakat yang berada di Kabupaten Bulukumba dan Sinjai. Sehingga ruang tersebut harus ia maksimalkan dengan ikut bertarung tanpa menciderai nilai dan aturan yang berlaku.

“Bagi saya politik melalui demokrasi dengan maju di Pileg  adalah jalan kebaikan, maka untuk meraih kemenangan di Pileg juga dilakukan dengan cara- cara yang baik dan beretika,”ujar Mulyadi yang merupakan Caleg Demokrat Nomor Urut 2 ini.

Untuk skala Bulukumba sendiri, puluhan nama akan berkompetisi memperjuangan kursi sebagai wakil rakyat di kanca DPRD Provinsi Sulsel, diakui Mulyadi adalah putra-putri terbaik Butta Panrita Lopi yang maju dengan semangat dan motivasi kebaikan dalam rangka pengabdian.

” Teman teman (Celeg Provinsi) adalah figur yang mempuni di bidangnya, mereka adalah putra putri terbaik yang ingin berkontribusi lebih besar untuk daerahnya. Mari saling menguatkan tanpa menciderai yang telah terbangun. Mari tetap merekatkan persaudaraan yang telah terbingkai indah selama ini. Perbedaan pilihan politik itu hal yang biasa,”katanya.

Lanjut dia, untuk bisa mendapatkan wakil rakyat yang lahir dari keinginan masyarakat. Pria kelahiran Barabba ini menyarangkan kepada calon pemilih untuk mengetahui track record setiap figur yang akan berkompetisi. Hal itu menjadi penting sebagai indikator menentukan pilihan, tidak hanya berfokus pada penilaian kedekatan emosional namun juga soal kapabilitas dan kapasitas yang ia miliki. Sebab, tugas  wakil rakyat tidak hanya diam dan duduk saja, namun memiliki tanggungjawab yang besar, khususnya dalam mengawal dan memperjuangan aspirasi masyarakat yang ada di daerah pemilihannya.

“Melihat track record itu bukan pada satu periodisasi tertentu saja. Namun melihat figur saat iya belum masuk dunia politik, paling tidak bagaimana saat kecil, dibangku sekolah atau kuliah dan pekerjaan lain yang ia lakoni sebelum masuk dunia politik,”ajak politisi berusia 45 tahun ini.

BACA JUGA:   Dukung HM21, Zul Majjaga: Pilih Satu-Satunya Cara Selamatkan Bulukumba

Lanjut Mulyadi, yang juga mantan anggota DPRD Bulukumba ini, maju di Level pemilihan Anggota DPRD Provinsi Sulsel, bukan tanpa alasan. Selain potensi Bulukumba yang bisa mendudukkan lebih banyak wakil rakyatnya di Provinsi lantaran jumlah pemilik suara yang signifikan, juga ingin melebarkan sayap pengabdian ke seluruh kecamatan di Bulukumba.

“Dulu kan waktu di DPRD Bulukumba hanya fokus pada dapil  Gantarang dan Kindang. Banyaknya amanah dari sahabat, keluarga dan teman dari semua Kecamatam di Bulukumba termasuk di Beberapa desa di Sinjai, sehingga ini yang membulatkan niat saya maju di Provinsi,”jelasnya.

Maju sebagai Caleg Provinsi, Mulyadi tak mau  muluk-muluk dalam memberikan janji. Pasalnya tupoksi anggota DPRD pada prinsipnya diatur dalam UU hanya tiga yakni Legislasi, Anggaran atau budgeting dan Pengawasan dengan kata lain tugas Legislator bukan pada ranah eksekusi namun lebih pada pengawalan aspirasi melalui tiga fungsi tersebut.

“Paling tidak majunya saya dalam rangka meneguhkan dan menegaskan tugas dan fungsi DPRD. Diantaranya bagaimana membuat prodak hukum atau legislasi yang berkeadilan, bagaimana membuat proporsi penganggaran yang berdasar pada kebutuhan dan prioritas serta melakukan pengawasan yang melekat atas kebijakan dan program yang akan dan yang belum dikerjakan eksekutif sehingga tidak merugikan masyarakat. Saya kira begitu gambarannya,”jelasnya

Berikut 14 Alasan untuk anda ketahui, kenapa Harus memilih Mulyadi Mursali:

1. Aktif di komunitas ODOJ Grup 617 (One Day One Juz)

Kesibukannya sebagai pengusaha, ditambah lagi dengan aktifitas sosialisasi sebagai Caleg, tak membuat Mulyadi Mursali, mengeyampingkan urusan spritual keagamaan. Hal itu dibuktikan dengan aktif dalam komunitas ODOJ.

“Jadi ODOJ itu singkatan dari one day one juz, adalah komunitas tadarrus al qur’an 1 juz  dalam 1 hari. Saya  tergabung di grup nomor 617 sejak tahun 2016 sampai saat ini. Jadi kurang lebih 3 tahun terakhir ini, setiap 30 hari tamat 1 al qur’an,”jelasnya.

2. Siap Mengawal 14 Program Pokok Partai Demokrat yang  dikawal SBY

Sebagai kader Partai berlambang Mercy ini, Mulyadi pun siap mengawal 14 program kerakyatan yang dicanamkan Susilo Bambang Yudhoyono, melalui partai Demokrat. Ke 14 program itu yakni:

(1) Menciptakan lebih banyak lapangan kerja, termasuk untuk milenial dan perempuan, serta batasi tenaga kerja asing.

(2)Kelola keuangan dan tingkatkan pelayanan BPJS dengan mengutamakan golongan kurang mampu.

(3) Berikan subsidi listrik untuk golongan kurang mampu dan sediakan secara cukup BBM Premium.

(4) Pertahankan subsidi pupuk untuk petani.

(5) Setop impor pangan ketika musim panen.

(6)Tingkatkan gaji pegawai, termasuk guru, TNI & Polri dan pensiunan, agar memiliki daya beli yang baik.

 (7)Longgarkan pajak, termasuk dunia usaha agar bisa tumbuh baik dan bisa tingkatkan upah buruh.

(8) Bantu dan lindungi UMKM, termasuk pedagang kecil dan angkutan kota.

 (9)Angkat secara bertahap guru dan pegawai honorer dan tingkatkan kesejahteraan perangkat desa.

(10) Kontrol dan batasi utang pemerintah dan BUMN agar tak bebani anak cucu.

BACA JUGA:   Calon Anggota DPD RI, Herman Hafid Nassa Mantapkan Tim Pemenangan di Bulukumba

 (11) Lanjutkan pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur pedesaan, sesuai kemampuan keuangan negara.

 (12) Berikan perlindungan hukum kepada rakyat secara adil dan jamin kebebasan berbicara termasuk kemerdekaan pers.

 ( 13.)Jaga kebhinekaan dan kerukunan antar identitas (SARA) dan cegah perpecahan bangsa.

(14.)Lanjutkan dan tingkatkan program pro rakyat SBY, seperti BOS,BPJS, Bantuan Lansia, Disabilitas, dan Bencana,PKH, RASKIN, BLT/BLSM, KUR, PNPM, dan lain-lain, untuk kurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial.

3.  Mantan Ketua HIPMI Bulukumba

  Kesuksesannya membangun dan mengembangkan usaha, mengantarkan Mulyadi Mursali sebagai  ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Cabang Bulukumba, pada tahun 2010 hingga 2012.

4. Politisi Santri

Dimasa kecilnya, usai megenyam pendidikan Sekolah Dasar SD Negeri 32 Barabba, Desa Bialo. Mulyadi melanjutkan pendidikan di SMP dan SMA IMMIM Putra Makassar sejak 1985 hingga 1991. Dengan berbekal sebagai anak pesantren, hingga saat ini Mulyadi aktif membawakan tausiah atau ceramah keagamaan.

“Kemudian untuk lebih mengasah pengetahuan keislaman, saya melanjutkan kuliah di IAIN atau sekarang UIN Alauddin Makassar,”terangnya.

5.  Kader Partai Demokrat

Mulyadi Mursali adalah kader partai Demokrat, dimana  sejak 2007 silam ia pun dipercaya memgembang amanah strategis di partai Besutan SBY itu. Dimana sejak tahun 2007 hingga 2012 dipercaya sebagai Ketua OKK DPC Demokrat Bulukumba. Lalu ditahun 2012 hingga 2017 dipercaya sebagai Sekretaris DPC Demokrat Bulukumba.

“Dan alhamdulillah pada tahun 2009-2014 diamanhkan masyarakat sebagai anggota DPRD Bululumba dari dapil Gantarang-Kindang,”ujarnya.

6. Aktif Dalam Pemberdayaan dan Pendampingan Kelompok Tani

 Sebagai anak yang besar  dari lingkungan keluarga petani, Mulyadi kemudian mendirikan koperasi peran serta masyarakat (Kopermas) ditahun 2000, dimana koperasi tersebut bertujuan memberikan modal bagi masyarakat khususnya petani dalam rangka mendorong produktifitas pertanian.

 Di bidang pemberdayaan, sebagai Sosok aktivis  agkayan 98 ini masuk dalam  jajaran aktivis pergerakan yang menumbangkan resim otoriter orde baru yangmelahirkan Orde Reformasi. DiMasa reformasi menyuburkan tumbuhnya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sebagai upaya pemerintan untuk mendampingi masyarakat pasca pecahnya gerakan Reformasi.

” Aktivitas pemberdayaan dimulai ketika aktif di LSM PPMA (Pusat Pemberdayaan Masyarakat Agraria) 5ebuah wadah LSM yang di bentuk oleh mendiam Pakar Ekonomi Islam Prof. Dawam Rahar bersama Drs. Adi sasono,”ujarnya.

 7.  Praktisi Media

Ketertarikannya di dunia media mengantarkan dirinya sebagai Lay Outer perusahan majallah pendidikan pada tahun 1997. Tak sampai disitu, pada tahun 2002 Mulyadi merintis usaha penyiaran bidang TV Kabel dan mendirikan perusahaan media yang cukup dikenal kalangan masyarakat khususnya dalam Kota Bulukumba yakni Citra TV kabel.

“Kemudian untuk memenuhi kebutuhan infomasi masyarakat, saat ini saya kembangkan media online yakni Citranews,”terangnya.

8. Pemerhati Olahraga

Tak hanya mampu  bermain olahraga seperti tenis meja dan sepak takraw. Pun sosok Mulyadi adalah pemerhati olahraga, komitmen dan dukungannya untuk mengharumkan atlet Bulukumba terus ditunjukkan hingga saat ini. Bahkan, kepeduliaanya terhadap olahraga khususnya sepak takraw, mengantarkan dirinya sebagai Ketua Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) dua periode sejak 2013 hingga saat ini.

Terakhir, Dibawah kepemimpinannya di PTSI, pada Desember 2018 lalu, Mulyadi sukses mengawal salah satu atlet Asal Bulukumba, yakni Wawan Kurniawan, menyumbang medali perunggu dalam ajang sepak bola takraw kelas kuandran dalam ajang turnamen BIMPNT EAGA Friendship games se-asia tenggara yang di laksanakan di Brunai Darussalam.

BACA JUGA:   Warga Liukang Loe Siap Menangkan Kacamatayya, Ini Komitmen TSY-AM

9. Pribadi yang Low Profile

Meski merupakan pengusaha sukses dengan sejumlah usaha yang ia rintis,  tak membuat Mulyadi Mursali berkehidupan glamor. Sikap santai dan apa adanya tetap melekat. Sehingga siapapun mudah berkawan dengannya, sosoknya pun  dikenal oleh kalangan tokoh agama, pemuda dan masyarakat.

10. Sukses Mengawal Pilkada

Kemampuannya dalam mengorganisir organisasi, membawa dia masuk dalam tim inti pemenangan Pilkada Bulukumba. Dimana pada tahun 2005 sukses mengantarkan AM Sukri sappewali berpasangan dengan H Padasi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba. Di tahun 2015, ia kembali dipercaya masuk dalam tim inti sebagai sekretaris tim pemenangan Sukri-Tomy (ST15) dan bersama dengan mesin politik lainnya berhasil mengantarkan Sukri -Tomy sebagai pucuk pimpinan di Bulukumba.

 11.  Memiliki Keterampilan Organisatoris

Kemampuannya dalam mengorganisir organisasi telah terasah sejak dibangku kuliah, dimana Mulyadi pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum SENAT Fakultas Tarbiyah, 1993-1994, Kemdudian Ketua PA HMI Cabang Ujung Pandang, 1994-199, Sekretaris Umum BKPRMI Bulukumba, 2005-2010, Merintis pendirian Asosiasi Pengusaha TV Kabel (Aptekindo), Ketua Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Bulukumba, 2012-sekarang, Ketua BPC HIPMI Bulukumba, 2010-2012. Kemudian Sekretaris Jenderal  ICTA, 2014-sekarang, dan Ketua Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Bulukumba, 2017-2022.

“Bekal ketrampilan Organisasi sejak saya mondok di Pesatren. Lalu banyak di tempah di Kampus Hijau Hitam atau lebih dikenal HMI sejak tahun 1992 hingga tahun 1999,”terangnya.

12.  Aktif  Mendampingi Jamaah Umrah

Mulyadi Mursali juga diketahui terlibat aktif mendampingi jamaah umrah sejak tahun 2006 hingga 2014 Sebagai Manajer Wilayah PT. IBA TOURS & Travel, dimana  telah memberangkatkan puluhan ribu Jamaah Umrah dari Kabupaten Bulukumba dan Bantaeng, dan telah melaksanakan Ibadah Haji di Tahun 2012  setelah melaksanakan perjalanan umrah sebanyak  7 Kali.

13.  Mampu Berbahasa Arab dan  Ingris.

Pernah di tempah selama enam tahun di  pesantren IMMIM, membuat Mulyadi Mursali bisa berbahasa arab dan inggris. Tak sampai disitu, ia lalu memperdalam ilmu kependidikan Bahasa Inggris di UIN Alauddin makassar tahun 1991-1997. Bahkan selama dua  Tahun aktif di kelompok Meeting Bahasa Inggris di   Benteng Pannyua Makassar sekitar tahun 1992 dan 1993. Dari kemampuan berbahasa inggris, iapun pernah bercita-cita menjadi Diplomat tetapi kandas di seleksi masuk Perguruan tinggi Jurusan Hubungan Internasional.

   “Jadi dulu pernah bercita cita sebagai diplomat, karena tidak lulus seleksi, akhirnya belajar di jurusan Kependidikan Bahasa Inggris UIN Alauddin,”kenang Mulyadi.

14. Siap Mengawal Aspirasi Masyarakat Bulukumba-Sinjai

Berbekal sebagai mantan Anggota DPRD Bulukumba, Mulyadi Mursali siap mengembang amanah dan tanggungjawab sebagai anggota DPRD Provinsi Sulsel.

“Bismillah,  saya telah meneguhkan hati untuk  mewakafkan diri kepada masyarakat Bulukumba dan Sinjai. Kelak jika diamanahkan Allah SWT dan dipercaya masyarakat, di komisi manapun saya siap bekerja sepenuh hati mengawal aspirasi sesuai tupoksi kerja dan tugas kedewanan,” pungkasnya. (*)