JMS Bawakan Materi Pendidikan Progresif di Hadapan Mahasiswa UIN

oleh -522 views

MAKASSAR, BERITA SELATAN.Com –
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar telah melaksanakan masa Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK). Dengan mengusung tema “Tarbiyah Progresif”, bertempat di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan Aula Perpustakaan Syekh Yusuf UIN Alauddin Makassar. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 2 hingga 4 September 2019.

PBAK FTK tahun ini diikuti 799 mahasiswa yang tersebar di sembilan jurusan yang berada di FTK. Dari serangkaian acara turut hadir Jamaluddin M Samsir selaku alumni dari jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) yang merupakan keynote speaker mengisi materi “Pendidikan Progresif”.

Jamal sapaan akrab Jamaluddin Syamsir di dalam sesi penyampaian materinya menyebutkan bahwa untuk menjadi mahasiswa yang sukses dan progresif maka hendaknya tidak berleha-leha dalam menempuh pendidikan, sebagaimana pesan Imam Al Gasali hal utama yang harus diperhatikan untuk menjadi orang yang progres, seseorang harus memperbaiki niatnya terlebih dahulu.

BACA JUGA:   TP PKK Selayar Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas dan Mutu SDM

“Kalau anda ingin sukses dalam menempuh pendidikan maka kuncinya jangan menjadi mahasiswa yang senang berleha-berleha, kurangi tidur dan kurangi makan”, ujar Jamal yang pernah menjadi ketua DPD KNPI Sulsel itu.

Jamal yang saat ini menjabat Staf Tenaga Ahli Kementerian Sosial Republik Indonesi juga mengingatkan mahasiswa untuk patut bersyukur dapat berstatus sebagai mahasiswa karena banyak teman-teman atau saudara mereka yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang S1.

BACA JUGA:   Wabup Terima Penghargaan Terkait Tindaklanjut Temuan Hasil Pemeriksaan Inspektorat Provinsi

Mereka tentu menitipkan harapan kepada para mahasiswa ini untuk bisa menjadi kebanggaan bagi orangtuanya dan teman-temannya yang tidak bisa melanjutkan pendidikan karena terkendala biaya. Kedepan diharapkan mereka bisa mengangkat derajat orang-orang yang ada disekitarnya.

Jamal yang diyakini juga akan bertarung dalam pemilihan Bupati Bulukumba ini menitip harapan, semoga mahasiswa baru fakultas Tarbiyah dan Keguruan angkatan 2019 ini dapat menjadi mahasiswa dan alumni yang membanggakan almamaternya baik di tingkat nasional maupun internasional. (Sur)