Buka Kegiatan Lopita, Tomy Satria : Lomba Kreasi Bidang Pramuka Melatih Emotional Quotient

oleh -
Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto membuka kegiatan Lopita di Halaman Kampus STAI Al Gazali Bulukumba, Jumat, 26 April 2019.

BULUKUMBA, BERITA SELATAN, Com -Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto sekaligus ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bulukumba diundang untuk membuka kegiatan Lomba Pramuka Kreasi Tingkat Penegak (Lopita) tahun 2019 yang digelar oleh Racana dan Adawiyah STAI Al-Gazali Bulukumba, Jumat, 26 April 2019.

Melalui sambutannya, Tomy Satria Yulianto menyampaikan bahwa dalam ilmu psikologi, Gerakan Pramuka itu lebih banyak menggunakan otak kanan, atau Emotional Quotient.

Menurutnya keberhasilan seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor dalam hal ini Intelektual Quotient, namun juga harus dibarengi dengan kemampuan Emotional Quotient, karena katanya, sudah terlalu banyak contoh-contoh seseorang yang memiliki kecerdasan intelektual gagal dalam kompetisi hidup disebabkan karena tidak memiliki Emotional Quotient.

BACA JUGA:   Peringatan Hari Ibu, Andi Utta Persembahkan Bunga dan Lagu Mother, How Are You Today

Gerakan Pramuka melalui berbagai macam lomba-lomba kreasinya, lanjut Tomy akan mendorong lahirnya pribadi-pribadi yang lebih kreatif dan berjiwa sosial. “Mari memaknai bahwa adik-adik yang bergabung di gerakan Pramuka dan ikut lomba kreasi seperti ini, untuk menajamkan dan melatih otak kanan atau emotional quotient adik-adik sekalian,” pinta Tomy Satria Yulianto.

Dirinya meyakini bahwa orang-orang yang lahir dan besar di Pramuka adalah orang-orang yang siap menindaklanjuti dan siap mengambil alih tongkat kepemimpinan di masa mendatang.

BACA JUGA:   Hari Jadi Bulukumba, Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Keuangan Senilai Rp 25 Miliar

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Lopita, Selviani, mengaku kegiatan Lopita yang akan berlangsung selama tiga hari di Kampus Al Gazali ini diikuti oleh 11 Gugus Depan dengan jumlah peserta 16 orang (8 pa dan 8 pi) sehingga totalnya 176 peserta. Dari 11Gugus Depan yang ikut jadi peserta, satu diantaranya berasal dari SMA Negeri 3 Bantaeng.

BACA JUGA:   Diduga Terlibat Narkoba, Polisi Amankan Seorang Warga Kajang

“Ada delapan jenis lomba yang disiapkan oleh panitia, yaitu, lomba administrasi, lomba PBB Variasi, lomba Pionering, lomba traditional game, lomba sing a song, lomba MSQ, lomba Master Chief, dan lomba Puisi Tetrikal,” urai Selviani.

Dalam event tersebut turut hadir pembina STAI AlGazali ustaz H Tjamiruddin, dan Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Bulukumba H. Safiuddin. (sur)

No More Posts Available.

No more pages to load.