Melalui Lounching Celender of Event, Menteri Pariwisata Minta Pembangunan Museum Pinisi.

oleh -416 views

JAKARTA, BERITA SELATAN, Com – Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizky Handayani Mustafa melaunching Calender of Even Sulawesi Selatan 2019 bertempat di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat, 26 April 2019.

Asisten II PemProv Sul Sel, Muhammad Firda wakili Gubernur dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai upaya mempromosikan pariwisata sulawesi selatan, serta peningkatan kunjungan wisatawan ke sul sel maka dibutuhkan strategi untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing maupun nusantara berkunjung ke daerah kita. Tahun 2018, berdasarkan pantauan dari Pintu Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, jumlah wisatawan mancanegara mencapai 14.115 orang dan wisatawan nusantara mencapai lebih dari 10 juta orang.

“Kita sangat berharap di Tahun 2019 ini mengalami peningkatan yang signifikan karena semakin banyak potensi wisata baru yang bisa menjadi alternatif kunjungan untuk berlibur di Sulawesi Selatan. “Bapak Gubernur Nurdin Abdullah ingin menjadikan Pariwisata sebagai sektor unggulan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Selatan, sehingga beliau sangat bersemangat untuk menggenjot sektor pariwisata yang ada di Sulawesi Selatan”, olehnya itu dibutuhkan kerja bersama antara pemerintah provinsi dengan pemerintah daerah untuk percepatan pembangunan infrastruktur pariwisata,” tuturnya.

BACA JUGA:   Bhayangkari Brimob Polda Sulsel dan Ranting Batalyon C Pelopor Santuni Bayi Penderita Hydrosifalus

Sementara, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ir. Rizki Handayani Mustafa, menyampaikan bahwa kementerian pariwisata sangan selektif dalam menentukan even yang masuk dalam Calender of Event Wonderful Indonesia karena harus memperhatikan 5 unsur yaitu Creative, Cultural, Comercial, Comunication serta Commitment.

Tahun ini, Sulawesi Selatan memiliki 4 even yang masuk dalam 100 Wonderfull even 2019 yaitu Festival Pinisi Bulukumba, Toraja Internasional Festival, Festival Takabonerate Selayar dan F8 Makassar.

Rizki Handayani juga menyampaikan bahwa Bulukumba telah memiliki Pinisi yang begitu cantik yang merupakan warisan budaya telah mendapat pengakuan dari Unesco. Olehnya itu, Pemerintah Pusat sangat berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba sesegera mungkin membangun Museum Pinisi ini di Bulukumba sehingga wisatawan akan tau apa yang menjadi filosofi dari Perahu Pinisi tersebut

Pemerintah Pusat akan selalu memberikan dukungan kepada daerah yang akan mempromosikan potensi wisata di daerahnya.
Mulai dari Pembangunan Bandara Pariwisata di Bulukumba, Percepatan Pembentukan KEK Selayar, Pengembangan Pelabuhan Laut Makassar berstandar Internasional, serta Pembangunan Jalur Kereta Trans Sulawesi dan masih banyak lagi program pemerintah pusat guna pengembangan pariwisata di Sulawesi Selatan.

BACA JUGA:   Ketiga Kalinya, KSP Berkat Bulukumba Santuni Korban Banjir di Jeneponto

Bupati Bulukumba, A. M. Suksi A. Sappewali sangat mengapresiasi kegiatan Lounching of Even 2019 ini karena dengan pelaksanaan lounching ini diharapkan akan semakin banyak wisatawan nusantara yang datang ke bulukumba.

Banyaknya wisatawan nusantara yang berkunjung ke daerah kami tentunya akan banyak menghidupi kelompok usaha kecil dan menengah yang ada dikawasan wisata kami, mulai dari penjual makanan, pakaian dan para pengrajin suvenir dan pembuat kain bira yang ada di bonto bahari.
“Tadi kami serahkan ke ibu Deputi Sarung Bira yang merupakan hasil kerja kelompok usaha yang ada di sekitar wilayah wisata pantai bira,  ini sebagai bukti kami sebagai pemerintah daerah yang berupaya mengembangkan kelompok usaha kecil dengan mempromosikan hasil kerja mereka pada acara lounching calender of event malam ini.

“Kami selaku pemerintah daerah sangat berharap bantuan pemerintah pusat dan provinsi untuk bersama kami menggenjot pengembangan pariwisata di Bulukumba.
Karena Bulukumba selain memiliki wisata bahari yaitu keindahan pantai Bira, Bara, Aparalang dan pantai lainnya juga memiliki wisata budaya / kulture yaitu Kawasan Adat Ammatoa Kajang,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Wow..Mahasiswa UMB Sulap Pelepah Pisang Menjadi Jajanan Kripik yang Digemari

Olehnya itu, Pembangunan Bandara Wisata dan Infrastruktur Jalan sangat dibutuhkan percepatan pelaksanaan pembangunannya. Jika Bandara Wisata bisa terealisasi cepat pelaksanaan pembangunannya serta Infrastruktur Jalan di kawasan wisata, kami sangat yakin kunjungan wisatawan akan mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya.

Bupati A. Sukri juga meminta dukungan kepada seluruh awak media untuk bersama-sama mempromosikan obyek wisata yang ada di Bulukumba.

“Dukungan media sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan pariwisata di daerah, olehnya itu kami akan membangun kerjasama dengan media cetak dan elektronik untuk bersama-sama mempromosikan wisata yang ada di bulukumba,” ucapnya.

Lounching Calender Even 2019 ini dihadiri langsung oleh Bupati Bulukumba dan Walikota Makassar, serta yang mewakili Bupati Selayar dan Toraja Utara. Turut hadir pula Direktur Eksekutif Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Perwakilan Negara India dan Thailand serta Para Pejabat Kementerian Pariwisata dan Para Pelaku Usaha dibidang Pariwisata. (*)