Wow, Siswa SMKN 9 Ciptakan Alat Pengontrol Rumah Tangga Gunakan Smartphone

oleh -
PERLIHATKAN. Siswa SMPN 9 Bulukumba perlihatkan sekaligus uji coba kipas angin yang dikendalikan melalui smartphone.

BULUKUMBA, BERITA SELATAN, Com – Inovasi dan kreatifitas anak bangsa sungguh menarik perhatian, betapa tidak siswa SMKN 9 Bulukumba berhasil menciptakan sebuah maha karya nyata yakni, mengontrol alat rumah tangga jenis barang elektronik dengan hanya menggunakan smartphone.

Saprianto, salah seorang siswa SMKN 9 Bulukumba yang berhasil merancang ide tersebut mengaku, secara teknis alat pengontrol rumah tangga tersebut bisa dikendalikan oleh sebuah smartphone dengan cara mengirimkan perintah suara.

BACA JUGA:   Bawaslu Bulukumba Akui Peran Penting Media Sukseskan Pemilu 2024

“Misalkan kipas angin yang telah terkoneksi dengan alat pengontrol rumah tangga bisa diberikan perintah dinyalakan atau dimatikan dengan jauh jangkauan sekitar 15 meter” ungkap Saprianto.

Selain kipas angin, alat rumah tangga lainnya yang bisa terkoneksi yakni, rice cooker, dispenser dan beberapa alat rumah tangga lainnya khususnya berbasis elektronik.

Sebelumnya kata dia, perakitan tersebut didukung oleh programmer komputer dan secara singkat diselesaikan kurang waktu empat belas hari. Penemuan ini kata dia, juga boleh dikategorikan sebagai karya tepat guna dan bisa dirancang dengan kapasitas besar.

BACA JUGA:   Bantuan untuk Sulbar Terus Mengalir, Kini Komunitas 86 SMA 1 Bulukumba Serahkan Bantuan

Sementara salah satu pembimbing SMKN 9 Bulukumba, Rosmala mengaku, penemuan ini merupakan karya siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang dibimbingan oleh mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM).

“Alat pengontrol rumah tangga yang diciptakan siswa kedepan siap untuk diperkenalkan dalam event kompetisi khususnya dalam bidang Karya Ilmiah,” tandasnya.

Sekedar diketahui, SMKN 9 Bulukumba beralamat di Desa Tri Tiro Kecamatan Bonto Tiro. (Nin)

No More Posts Available.

No more pages to load.