Menggunakan Dana Desa, Pasar Orogading Bakal Diresmikan Bupati

oleh -
Pasar Orogading yang bakal diresmikan Bupati Bulukumba.

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com -Pemerintah desa Orogading optimis mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di desanya. Salah satu upayanya adalah dengan berhasil membangun pasar rakyat yang bersumber dari dana desa.

Pasar rakyat tersebut berada di dusun Bajiminasa, desa Orogading, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Kepala Desa Oro Gading, H. Muh. Nasir, S.Sos mengaku, pihaknya menganggarkan pembangunan pasar tersebut sejak tahun anggaran 2018 hingga tahun anggaran 2021 ini.

” Tiga tahun kami anggarkan di dana desa ini pasar, jadi tahun pertama itu pada 2018 untuk pembebasan lahan, kemudian di tahun ke dua di 2019 baru penataan lokasi. Lalu pada tahun ke tiga pada 2021 dianggarkan kembali untuk pembangunan fisiknya,” ungkap H. Muh. Nasir saat ditemui Sabtu, 25 Desember 2021.

BACA JUGA:   Wujudkan Mimpi Warga Miliki Pasar, Pemdes Orogading dapat Apresiasi Bupati

Menurutnya, tahun 2020 sempat tidak dianggarkan. Sebab pada waktu itu, pihaknya fokus menganggarkan untuk penanganan pandemi Covid-19.

” Sempat kami tidak annggarkan ini pembangunan pasar pada tahun 2020, karena waktu itu kami fokus di penganggaran penanganan pandemi Covid-19. Kemudian barulah kita anggarkan kembali di 2021 ini, dan Alhamdulillah pengerjaan fisik rampung di akhir Desember ini,” tambahnya.

BACA JUGA:   Ajak Warga Vaksin, Kadus di Herlang Ini Beri Hadiah Uang dari Gajinya

Saat ini kata dia, sementara melakukan pembenahan dan penataan untuk persiapan peresmian 28 Desember 2021 mendatang.

” Ini kami sementara melakukan pembenahan dan penataan lokasi jelang peresmian. InsyaAllah nanti bapak Bupati Bulukumba yang akan meresmikan,” tambah Kades yang dikenal merakyat oleh warganya itu.

Lebih jauh dia membeberkan, dengan hadirnya pasar rakyat tersebut. Nantinya diharapkan mampu menjadi pendongkrak meningkatnya perekonomian masyarakat dan juga memudahkan masyarakat untuk berbelanja dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

BACA JUGA:   Hebat ! Desa Bontonyeleng Sabet Juara Satu Lomba Poskamling 3 Pilar

” Tentu kami berharap dengan adanya pasar rakyat ini. Masyarakat Orogading tidak jauh lagi keluar desa untuk berbelanja kebutuhan sehari-harinya. Dan paling penting adalah perputaran perekonomian masyarakat terjadi di dalam desa Orogading sendiri,” urainya.

Pasar yang berlokasi di dusun Bajiminasa itu memiliki 24 kios parmanen untuk nantinya menjadi lokasi penjualan oleh pedagang dan 16 kios yang semi parmanen.

Kemudian jadwal operasional pasar sendiri beroperasi dua hari dalam sepekan yakni pada hari Rabu dan hari Sabtu. (**)