Hindari Calo, Kanit Regident Imbau Warga Bayar PKB Langsung di Loket kasir

oleh -42 views
Kanit Regident Satlantas Polres Bulukumba, Ipda Andi Arafat.

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regident) Satlantas Polres Bulukumba, Ipda Andi Arafat imbau masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) langsung ke loket kasir.

Menurut Arafat melakukan pembayaran PKB langsung di loket kasir sangatlah mudah serta bisa menghindari calo dan faedahnya, pajak yang dibayarkan sesuai dengan nominal yang tertera di Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK).

“Kami minta warga langsung ki bayar pajak ta diloket kasir yang petugasnya adalah pegawai Dispenda. Jangan percayakan pihak lain apalagi calo,” kata Arafat di ruang kerjanya, Selasa, 19 April 2022.

BACA JUGA:   Jalan Rusak Parah, Pemuda Tugondeng Tagih Janji Anggota DPRD

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada para pegawai Samsat untuk terus berupaya meningkatkan bentuk pelayanan ke masyarakat baik yang membayar pajak, maupun pengurusan administrasi kendaraan lainnya.

Dikatakannya, di Samsat ada 3 (tiga) instansi didalamnya seperti Dispenda, Kepolisian dan Jasa Raharja, termasuk dalam melayani masyarakat budayakan Senyum Salam dan Sapa atau (3S). Jadi tak hanya melaksanakan tugas namun juga bernilai pahala. Karena senyum adalah ibadah.

“Demi menciptakan pelayanan prima Polri yang Presisi, kami berupaya bekerja dengan mengedepankan Standar Operasional Prosedur (SOP). Jadi saya sampaikan juga ke rekan rekan lain bahwa bekerjalah sesuai dengan tupoksinya masing masing,” tuturnya.

BACA JUGA:   Diduga Dianiaya Anggota Dewan, ASN Pemda Bulukumba ini Lapor Polisi

Arafat juga menambahkan bahwa sebelum
ke Samsat, bisa juga cek terlebih dahulu jumlah pajak melalui aplikasi telegram boot sehingga tidak terjadi selisi, serta sekarang juga membayar pajak tahunan bisa menggunakan Aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) yang dapat di Download di Play store.

Aplikasi tersebut dikeluarkan Korlantas Mabes Polri sehingga sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak tahunan.

“Jadi sebelum ke Samsat ki, bisa ki cek dulu jumlah pajak ta di aplikasi telegram boot sehingga tidak terjadi selisi, serta sekarang juga membayar pajak tahunan bisa menggunakan Aplikasi SIGNAL,” papar Kanit Regident yang baru bertugas dua pekan di Bulukumba itu.

BACA JUGA:   RSUD Bulukumba Terima Kunjungan Indonesian Health Promoting Hospital Network

lebih jauh, kami selalu membuka ruang komunikasi dan informasi terhadap siapa pun jika ingin konsultasi terkait pajak kendaraan atau pun administrasi kendaraan bermotor lainnya.

“kedepannya kami akan mengajak pihak fungsi Propam Polres Bulukumba sebagai unsur pengawasan terhadap personil dalam pelaksanaan tugas. Karena kami adalah pelayan masyarakat jadi kami terbuka orangnya dan gampang diajak komunikasi apalagi pelayanan pajak kendaraan,” tutupnya. (**)