Hati-hati, Penyakit ini Mengintai di Musim Hujan

oleh -
Foto ilustrasi.

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Apa saja penyakit yang biasanya mengintai saat Musim hujan tiba ?

Berikut penjelasan Kasubag Humas dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit, RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Gumala Rubiah di ruang kerjanya, Rabu, 20 Januari 2021.

Dikatakannya, bahwa memang musim hujan erat kaitannya dengan terjadinya wabah penyakit, selain cuaca yang dingin juga membuat lingkungan sekitar sedikit lembab sehingga membuat virus dan bakteri lebih leluasa berkembang biak.

BACA JUGA:   Yuanda Pratama Terpilih Ketua Umum The Maczman Zona Bulukumba

“Olehnya itu sistem imum atau daya tahan tubuh perlu menjadi prioritas dalam kondisi demikian agar tidak mudah terserang penyakit,” katanya.

Lantas penyakit apa saja yang sering mengintai di musim hujan ;

1. Influenza, Virus flu ini seringkali meningkat kasusnya di musim pancaroba dan musim penghujan.

2. Diare, diare merupakan penyakit di musim hujan yang juga mesti diwaspadai. Meski kelihatannya sepele, diare yang tak kunjung sembuh (diare kronis) bisa berbahaya, Diare sendiri umumnya disebabkan karena konsumsi makanan yang telah terkontaminasi virus, parasit, atau bakteri.

BACA JUGA:   Dari Kades Hingga Elit Parpol Hadiri Buka Puasa Andi Utta di Tanete

Diare di musim hujan umumnya disebabkan gegara serangan bakteri Salmonella, Cholera, dan Shigella. Biasanya diare hanya berlangsung selama beberapa hari, tetapi bisa juga berminggu-minggu.

3. Tifus, penyakit di musim hujan lainnya yang mesti diwaspadai contohnya tifus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi, yang menyebar lewat makanan yang telah terkontaminasi.

BACA JUGA:   Jaring Calon Peserta Seleksi Paskibra, Kesbangpol Gelar Praseleksi

4. Demam Dengue, merupakan penyakit yang rentan terjadi di musim penghujan, terutama saat banjir terjadi.

Demam dengue disebabkan oleh gigitan nyamuk yang telah terinveksi oleh virus aedis aigepty. Dimana perkembangbiakan nyamuk tersebut duakali lipat lebih cepat saat musim penghujan tiba.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.