Desa Taccorong Tahun Ini Anggarkan Perkerasan Jalan dan Sumur Bor

oleh -
Sekretaris Desa Taccorong, Muhammad Amir

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Pemerintah Desa Taccorong, Kecamatan Gantarang, Bulukumba tahun ini anggarkan perkerasan jalan dan pengadaan sumur bor melalui dana desa.

Sekretaris Desa Taccorong, Muhammad Amir mengatakan, tahun ini ada satu paket program pengerasan jalan dan dua paket pengadaan sumur bor masing masing terletak di Dusun Ukke’e.

Untuk pengerasan jalan volumenya sekitar 110 meter dengan anggaran Rp69 juta sementara untuk dua unit sumur bor dananya sekitar Rp57 juta.

BACA JUGA:   Ajak Warga Vaksin, Kadus di Herlang Ini Beri Hadiah Uang dari Gajinya

“Sebetulnya baik perkerasan jalan maupun sumur bor masing masing ada tiga paket yang kami mau anggarkan tahun ini tapi berhubung terkendala Peraturan Presiden (Perpres) 104 tentang Rincian Anggaran pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022 sehingga yang jadi hanya satu paket perkerasan dan dua paket sumur bor,” kata Amir saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 25 Februari 2022.

Advertisement

Lanjut Amir, baik pengerasan jalan maupun pengadaan sumur bor merupakan kebutuhan mendesak warga di Dusun Ukke’e. Karena khusus pengerasan jalan merupakan akses petani menuju sawahnya dan sumur bor adalah untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

BACA JUGA:   12 Desa di Rilau Ale Launching Aplikasi Sistem Informasi Desa
Advertisement

“Jadi memang pengerasan jalan sangat dibutuhkan warga karena akses menuju sawah dan memang selama ini belum tersentuh sama sekali bantuan jadi kondisinya jalannya masih tanah,” ungkap Amir.

Sementara program lainnya kata Amir termasuk Ketahanan pangan yakni pengadaan pupuk dan bibit unggul bagi petani kemudian Penanganan Covid 19 serta pelatihan dan pemberdayaan terhadap perempuan bidang kesehatan.

BACA JUGA:   Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemdes Mattirowalie Bersama Warga Gelar Kerja Bakti

Ditambah, tahun ini tetap memprogramkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi 132 orang yang tersebar di empat dusun antaranya Dusun Samaturue, Dusun Ukkee, Dusun Ponci dan Dusun Borongkalukue.

“Jadi khusus penerima manfaat menerima senilai Rp300 ribu per bulan mulai Januari hingga Desember. Khusus tahap pertama diperkirakan cair pada Maret mendatang,” tutup Amir. (**)

Advertisement