BPBD Bulukumba Siapkan Personil Antisipasi Pohon Tumbang

oleh -221 views
Akrim A. Amir.

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba siapkan personil guna mengantisipasi pohon tumbang yang marak terjadi saat angin kencang.

“Tim Reaksi cepat BPBD Bulukumba sudah melakukan tindakan di lapangan untuk melakukan pengecekan dan langsung memangkas beberapa pohon yang tumbang maupun patah,” Ucap Kepala BPBD Bulukumba Andi Akrim Amir, Senin, 18 Januari 2021.

Meski curah hujan yang turun saat ini masih dalam kategori normal, pihaknya tetap perlu meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan pemantauan di seluruh daerah baik dalam kota maupun di daerah pedesaan.

BACA JUGA:   Sambangi Tokoh Masyarakat, Bhabinkamtibmas Desa Balleanging Sampaikan Ini

“Cuaca atau hujan yang turun saat ini masih kategori normal. Namun, kami tetap meningkatkan kewaspadaan bila terjadi intesitas hujan yang tinggi yaitu dengan melakukan pemantauan,” kata Akrim.

Apalagi saat ini marak bencana Alam yang terjadi disejumlah wilayah Indonesia. Seperti, Gempa magnitudo di Sulbar, banjir dan longsor di Sulut, banjir bandang di Kalsel serta Longsor di Sumedang (Jawa Barat).

BACA JUGA:   Wabup Serahkan Bantuan Kepada Pelajar Korban Puting Beliung

Sehingga perlu peningkatan kesiapsiagaan bencana. Khususnya di Bulukumba, melihat cuaca saat ini. Apalagi BPBD selaku OPD yang mengkoordinir kebencanaan sudah mempersiapkan personil, peralatan, maupun logistik.

” Kami selaku OPD yang mengkoordinir kebencanaan sudah mempersiapkan personil, peralatan maupun logistik. Ujar Andi Akrim.

Ia pun menyebut sejumlah daerah yang rawan bencana antaranya, sepanjang daerah aliran sungai (DAS), untuk potensi longsor yakni di daerah ketinggian, seperti, Kelurahan Borong Rappoa dan Desa Kahayya. Sementara untuk potensi abrasi pantai yakni di Kecamatan Gantarang, Ujung Bulu, Ujung Loe, Bontobahari, Bontotiro, dan Kecamatan Kajang. Sedangkan semua wilayah berpotensi terjadi angin kencang. (**)