PPI RSUD Bulukumba Gelar In House Training Terkait Hand Hygiene dan Penggunaan Alat Pelindung Diri

oleh -185 views

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Komite Pengcegahan dan Penanggulangan Infeksi (PPI) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan. Menggelar in house training terkait Hand Hygiene dan Penggunaan Alat Pelindung Diri.

Acara yang digelar di Aula pertemuan lantai 3 gedung IGD RSUD itu, rencananya akan diikuti oleh seluruh pegawai rumah sakit.

“Kita merencanakan semua pegawai dapat mengikuti acara tersebut, khususnya bagi mereka yang bertugas di area – area perawatan,” kata Ketua Komite PPI RSUD Bulukumba, dr. Hj. Ariani Said Culla, Senin 1 Maret 2021.

BACA JUGA:   Festival Bumi Panrita Lopi, Event Bangkitkan UMKM di Tengah Pandemi

Olehnya itu menurutnya, dalam undangan persuratan yang telah dikirim telah diatur terkait jadwal dan pesertanya. Dimana in house training ini rencananya akan berlangsung selama 3 pekan, yakni mulai 1 s/d 22 Maret mendatang.

Hand Hygiene dan Alat Pelindung Diri bagi petugas di rumah sakit adalah sesuatu yang penting dan mutlak dilakukan serta dijalankan oleh rumah sakit. Sebab ke-dua hal ini, sedikit banyaknya dapat menentukan keselamatan petugas serta lancarnya pelayanan kepada pasien.

“Kita berharap ini dapat selalu dipedomani dalam setiap proses pemberian pelayanan kesehatan”, sambungnya.

BACA JUGA:   Sempat Tertunda, Sembilan Anggota BPD Tamaona Resmi Dilantik

Hand hygiene sendiri terkait dengan kebersihan tangan, dimana setiap ingin melakukan tindakan pelayanan harus betul – betul memastikan bahwa kondisi tangan dalam keadaan bersih atau steril. Jangan sampai tangan kita dapat menjadi media penularan penyakit baru, itu yang tidak kita harapkan.

Sementara itu, sebelum membuka acara tersebut, Wakil Direktur Administrasi Umum dan Kepegawaian RSUD Bulukumba, H. Saharuddin Saing, M.Si. Mengapresiasi acara tersebut dan berharap setiap peserta dapat mengikuti in house training ini dengan baik.

BACA JUGA:   Yasir Tinjau Kesiapan PORPROV di Bulukumba, Andi Utta : Semoga Bisa Berjalan Sukses

“Selain penting, acara ini juga dapat menambah pengetahuan kita terkait hand hygiene,” katanya.

Bahkan lebih jauh, H. Sahar sapaannya, menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan RSUD Bulukumba dalam menghadapi survei akreditasi SNARS Edisi 1.1, yang rencananya akan digelar September tahun ini. Dan komite PPI adalah salah satu Pokja dari keseluruhan 16 Pokja dalam Akreditasi yang akan dinilai oleh tim surveyor nanti.

In house training yang digelar tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.(*)