Pameran UMKM Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf atau Andi Utta membuka secara resmi Pameran UMKM di Pantai Merpati Bulukumba, Kamis, 2 Februari 2023. Pameran UMKM ini, mengawali rangkaian kegiatan menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke 63 tahun.

Ketua panitia pelaksana hari jadi, Hj Umrah Aswani melaporkan bahwa pameran ini, merupakan produk hasil karya UMKM yang dibina oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bulukumba.

“Terima kasih kepada Ketua Dekranasda Bulukumba Ibu Hj Andi Herfida Attas yang telah membina UMKM kita. Dengan bangga kita persembahkan hari ini,” jelasnya.

Kadis Kesehatan Bulukumba ini, juga berharap agar UMKM-UMKM lokal semakin didorong ke depan dalam menggerakkan roda perekononian masyarakat.

BACA JUGA:   Wajah Bulukumba 2022: Bertabur Penghargaan, Genjot Pembangunan Fisik

“Hari ini dibuktikan oleh masyarakat kita, UMKM di 10 kecamatan berkumpul di sini. Semoga juga bisa dimaksimalkan seluruh OPD, sehingga hari jadi kali ini bisa semakin meriah,” ujar Umrah.

Advertisement

Bupati Andi Utta terlebih dahulu mengapresiasi panitia pelaksana Hari Jadi Bulukumba yang menggelar pameran UMKM. Apalagi, pantai Merpati saat ini jadi tempat baru yang mulai banyak dikunjungi masyarakat.

“Ini nuansa pertama kali di pantai Merpati. Insya Allah tempat ini akan terus dibenahi dan dikembangkan. Sebab kita harap ke depan pengunjung semakin bertambah dan orang Bulukumba tidak banyak belanjakan uangnya keluar,” katanya.

Advertisement

Andi Utta menaruh harapan besar agar UMKM Bulukumba dapat terus dimaksimalkan, sehingga market dan omsetnya juga lebih besar. Ia minta pameran UMKM dapat berkelanjutan dan bukan hanya sebatas perayaan di Hari Jadi saja.

BACA JUGA:   H Patudangi Terlihat Akrab dengan Anggota DPR RI Kamrusamad di Bira Sunset Run
Advertisement

“Saya bangga. Tapi pameran-pameran seperti ini harus terus dilakukan, sehingga produk kita bisa lebih berkembang,” jelasnya.

“Bahkan, saya siap jadi marketing keluar. Tapi tolong jaga kualitas dan kuantitas produknya. Saya kira ini pekerjaan yang harus ditindaklanjuti oleh Disperindag, Koperasi dan UKM, Dekranasda dan semua pelaku UMKM,” sambung Andi Utta.

Advertisement

Salah satu pelaku UMKM miniatur Perahu Pinisi, Kaharuddin Arif mengaku pameran-pameran seperti ini, sangat positif. Meski, penjualannya perbulan itu, jika dirata-ratakan, tergolong sudah baik.

“Bahkan, marketnya sudah ada yang sampai ke Lebanon dan Australia,” terang, owner Adibah Souvenir Center Tanahberu tersebut.

Ia mengaku telah menggeluti usaha miniatur Perahu Pinisi sejak SMA, sekira 25 tahun yang lalu. Untuk harga, katanya, itu bervariasi, tergantung ukuran dan modelnya.

BACA JUGA:   Usai Mencoblos, Bupati dan Wabup Pantau TPS

“Harga mulai Rp250 ribu sampai Rp2,5 juta. Untuk bahan bakunya dari limbah pembuatan perahu besar di Tanahberu yang dimanfaatkan dan bernilai ekonomis,” katanya.

“Kalau pembuatan miniatur Perahu Pinisi yang ukuran paling kecil bisa selesai dalam satu hari. Kalau yang besar bisa sampai lima hari,” jelas Kaharuddin Arif menambahkan.

Tampak, pameran UMKM dihadiri istri Bupati Bulukumba yang juga Ketua Dekranasda Hj Andi Herfida Attas, Wabup Andi Edy Manaf bersama istri sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua DPRD diwakili H Safiuddin, unsur Forkopimda, serta pelaku-pelaku UMKM.

Pameran UMKM ini, dimulai Kamis 2 Februari sampai Minggu 5 Februari 2023.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.