Musrenbang Bontotiro, Kades Buhung Bundang: Andi Utta Pemimpin Terbuka

oleh -
Kepala Desa Buhung Bundang, Mashuri Kurniawan

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Kepala Desa Buhung Bundang Mashuri Kurniawan memuji pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Bontotiro tahun anggaran 2023 yang digelar di luar ruangan.

Mashuri menyebut, pelaksanaan Musrenbang kali ini, sebagai penanda untuk mencerminkan gaya kepemimpinan Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf atau Andi Utta.

“Barusan Musrenbang tidak dilaksanakan di dalam ruangan. Ini menandakan bahwa Pak Bupati Andi Utta adalah Pemimpin terbuka” katanya saat mengikuti Musrenbang di halaman Kantor Camat Bontotiro, Selasa 22 Februari 2022.

Menurut Mashuri, salah satu bukti kepemimpinan terbuka adalah bupati saat ini meminta agar semua permasalahan yang ada di desa untuk disampaikan, dengan mengurai permasalahan secara sistematis dan teroganisir.

BACA JUGA:   Reses, Andi Zulkarnain Pangki Terima Aspirasi Peningkatan Infrastruktur Jalan dan UMKM

“Dari dulu kan konsepnya beliau begitu. Artinya bahwa apapun persoalan selalu punya jalan keluar. Sepanjang dicari jalan keluarnya. Di mana benang merah di setiap persoalan,” tambahnya.

“Open government. Itu yang menurut kami kepemimpinan beliau terbuka,” kata Mashuri lagi.

Ia menambahkan, Musrenbang digelar di luar gedung dengan sistem terbuka berdampak pada keterlibatan semua pihak untuk merancang pembangunan secara partisipatif.

“Malam tadi, Pak camat perintahkan agar kepala dusun dihadirkan untuk berdialog langsung dengan Pak Bupati. Makanya pak bupati sampaikan bahwa inovasi bisa muncul dari kita semua,” kata Mashuri.

Advertisement

Mashuri bangga karena Bontotiro Bulukumba, sebagai salah satu daerah yang punya datuk dari tiga datuk yang pernah menyiarkan agama Islam di Sulsel. Olehnya ia meminta agar ke depan Pemkab melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bernafaskan agama dan budaya di Bontotiro.

BACA JUGA:   H Patudangi dan Zulkifli Saiye Kembali Turun Serap Aspirasi Masyarakat

“Janganki melupakan sejarah!. Saya harap ke depan kita melaksanakan napak tilas di sana (sekitar mesjid dan makam Dato Tiro) pada setiap 1 Muharram. agar ada kebanggaan,” tuturnya.

Sementara, Andi Utta meminta semua pihak untuk terlibat aktif dalam proses pembangunan untuk mewujudkan visi misi bupati dan wakil bupati yang tertuang di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.

Advertisement

Andi Utta juga menanggapi permintaan Kades Buhung Bundang untuk membangkitkan gairah wisata religi, dengan melaksanakan event Festival Dato Tiro setiap tahunnya.

“Ini event bagus sekali. Kasi saya ide dan historinya. Saya akan sambung ke orang yang paham untuk kajiannya,” kata Andi Utta, kemudian menyebut “Jangan biarkan saya berpikir dan berinovasi sendiri. Ide dan inovasi dari kita semua penting untuk Bulukumba ke depan”.

BACA JUGA:   Dukung Program Unggulan, BRI Bulukumba Serahkan Ribuan Bibit Durian Musang King

Sekadar diketahui, Musrenbang tingkat Kecamatan Bontotiro juga dihadiri tiga legislator, diantaranya Andi Rantinah Amin, H Sabir dan H Musa Lirpa.

Kemudian ada Camat Bontotiro dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), kepala desa dan lurah, kepala dusun dan kepala lingkungan, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda.

Musrenbang Bontotiro ini adalah Musrenbang Kecamatan yang ke 8 yang dihadiri oleh Bupati secara langsung. Masih ada dua kecamatan yang belum yaitu Rilau Ale dan Bulukumpa. (**)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.