Mendidik Anak Mengelola Keuangan, Bank Sulselbar Bulukumba Launching Simpanan Pelajar

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Bank Sulselbar Cabang Bulukumba melaunching tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) yang bertempat di SDN 2 Terang Terang, Ujung Bulu, Rabu, 26 Oktober 2022.

Kepala Cabang Bank Sulselbar Bulukumba, Rio Subagio mengatakan, ini merupakan program Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi bahwa saat ini masing masing siswa harus punya rekening.

Tujuannya kata Rio adalah mendidik anak anak atau siswa sejak dini untuk mengelolah keungannya. Termasuk uang jajan dan juga melatih murid dan siswa memiliki tabungan sehingga menjadi kebiasaan sampai tumbuh dewasa nanti.

“kegiatan ini merupakan launching Simpel dengan menghadirkan sejumlah kepala sekolah mulai TK, SD, SMP dan SMA sederajat. program ini juga sudah lama ada namun baru ada penekanan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,” kata Rio.

BACA JUGA:   Polres Bulukumba Amankan Tujuh Pelaku Judi Sabung Ayam Beserta Barang Bukti
Advertisement

Secara teknis disediakan mobil keliling yang ke sekolah sekolah menjemput tabungan para murid dan siswa. Dalam membuka tabungan simpel, setoran awal cukup Rp 5 ribu dan setoran selanjutnya bisa Rp 2 ribu dan seterusnya.

Advertisement

Saat ini kata dia, sudah ada sebanyak 2000 murid dan siswa yang terdaftar sebagai nasabah dengan total tabungan Simpel sebanyak Rp1 miliar.

“Kami berharap dengan tabungan ini bisa mengelolah tabungan pelajar sejak dini,” bebernya.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Bulukumba Muhammad Bakti Turun Melaksanakan Reses di Dapilnya
Advertisement

Sementara, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf dalam sambutannya mengatakan, menabung sejak dini memiliki banyak manfaat. Selain untuk melatih kedisiplinan dan kesabaran, menabung juga melatih anak-anak untuk berhemat.

“Sejak dini, anak-anak kita harus dibiasakan mengatur keuangan atau memilih kebutuhan yang prioritas dan tepat. Jika kebiasaan-kebiasaan ini dapat dilakukan anak-anak sejak dini, maka dapat dipastikan anak tersebut akan memiliki masa depan yang lebih baik, oleh karena sudah terbangun karakter dan mental yang baik dalam menghadapi tantangan kehidupan ke depan,” kata Bupati.

Advertisement

Lanjut Bupati, anak anak juga harus dibiasakan untuk mengatur keuangannya, dan dalam membeli sesuatu harus sesuai kebutuhan, bukan sesuai keinginan.

BACA JUGA:   Jelang Pilkades Serentak, Polsek Bulukumpa Tingkatkan Patroli Biru

Olehnya itu, Tabungan Simpel ini menjadi wadah pembelajaran dan melatih siswa-siswa kita untuk menabung demi masa depannya. Meski biaya pendidikan menjadi tanggungjawab pemerintah dan orang tua siswa.

“namun kita juga berharap melalui tabungan Simpel ini, dapat membantu memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak kita ke jenjang yang lebih tinggi nantinya. Harus selalu ingat Motto “Rajin Pangkal Pandai- Hemat Pangkal Kaya,” tutur Bupati.

“Kita berharap gerakan ini menjadi elemen penting yang memberikan konstribusi dalam mewujudkan generasi emas Bulukumba di masa mendatang,” Tambah Andi Utta sapaan akrabnya. (**)