Melalui Musrenbang, Andi Zulkarnain Turun Serap Aspirasi Masyarakat

oleh -283 views
Suasana kegiatan Musrenbang di Aula kantor Camat Rilau Ale.

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Anggota DPRD Bulukumba Fraksi PAN, Andi Zulkarnain Pangki menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Aula Kantor Camat Rilau Ale, Senin, 8 Februari 2021.

Melalui Musrenbang tingkat kecamatan itu, Andi Zulkarnain Pangki banyak memberikan masukan terutama dalam program pembangunan fisik di Bulukumba harus terencana secara matang baik bantuan anggaran yang berasal dari pusat, provinsi dan daerah
sehingga manfaatnya betul betul dirasakan oleh masyarakat khususnya di Rilau Ale.

“Jadi saya juga banyak memberikan masukan terhadap kegiatan Musrenbang bahwa bantuan fisik harus direncanakan secara matang dan tidak terkesan bersifat formal saja,” kata Zulkarnain.

BACA JUGA:   Ini yang Dilakukan Dinas Pariwisata Untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Misalnya kata dia, selama ini ada sejumlah pembangunan fisik yang tidak terencana dengan baik sehingga hasilnya pun kurang maksimal karena tidak dirasakan dengan baik oleh masyarakat.

Padahal kata Andi Nain program pembangunan harus berkesinambungan maksudnya jika ada program yang tidak tuntas di masa pemerintahan sebelumnya itu harus selesai pada pemerintahan mendatang.

“Program yang tidak selesai pada pemerintahan sebelumnya harus dituntaskan oleh pemerintahan di masa mendatang,” pinta Andi Nain.

BACA JUGA:   Corona, 52 Napi Dapat Asimilasi, Satu Diantaranya Dibawah Umur

Selain itu, Ia juga menaruh harapan kepada pemuda untuk tampil kreatif dan inovatif serta produktif dalam mengembangkan perekonomian di desanya masing masing.

“Lahirnya pemuda yang produktif tentu tak hanya manfaatnya dirasakan secara pribadi namun juga masyarakat pada umumnya karena dapat meningkatkan perekonomian di desa,” katanya.

Kalau perlu, Pemerintah desa juga harus menyediakan wadah atau tempat berjualan bagi para pedagang oleh oleh di sepanjang ruas jalan. Misalkan di Poros Rilau Ale-Bulukumpa ada bermacam pedagang buah mulai jambu air, jagung dan buah buahan.

BACA JUGA:   Ini Pesan TSY Terhadap Bacaleg dan Kader PSI

“Ketersedian tempat jualan tentu sangat bagus untuk para pedagang buah dalam memasarkan dagangannya. Tak hanya menjual buah namun juga bisa menjual aneka makanan sesuai dengan potensi desanya masing masing,” jelas anggota DPRD Bulukumba tiga periode itu.

Selain Andi Zulkarnain Pangki, turut hadir dalam kegiatan Musrenbang yakni anggota DPRD Bulukumba fraksi Gerindra Ahmad Syaiful, sejumlah OPD terkait dan seluruh kepala desa di Rilau Ale. (**)