Legislator PAN Dorong Pemerintah Maksimalkan Pengembangan UMKM

oleh -112 views
Andi Zulkarnain Pangki

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Di tengah pandemi ini Legislator Partai Amanat Nasional (PAN), Andi Zulkarnain Pangki dorong pemerintah dalam memaksimalkan pengembangan UMKM di Bulukumba.

Pengembangan ekonomi masyarakat yang dimaksud yakni mampu mencari uang sesuai dengan potensinya masing masing.
Misalkan kata Zulkarnain, masyarakat bukan hanya di berikan bantuan namun sebelumnya harus ada pembinaan melalui pelatihan pelatihan (Soft Skill) berdasarkan bidangnya masing masing.

Mentornya pun, harus pelatih yang handal yang memiliki trik jitu dalam mengembangkan UMKM baik di bidang pertukangan, kerajinan, menjahit dan sejumlah UMKM lainnya.

BACA JUGA:   60 Napi Narkoba Lapas IIA Bulukumba Akan Direhabilitasi

Begitu juga Dinas PMD agar ke depannya banyak mendorong pelatihan usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) seperti menjahit, merankai kembang, usaha rumah tanggah dan masih banyak lagi.

“Jadi OPD terkait harus mengawal pelatihan ini sebelum diberikan bantuan. Termasuk pelatihan yang menangani Dinas Perdagangan, Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Pertanian dan Peternakan dan Dinas perikanan dan Dinas PMD,” kata Andi Nain sapaan akrabnya.

BACA JUGA:   Ini Makna Hari Kartini di Mata dr. Rismayanti Waris Wadir RSUD Bulukumba

Hal tersebut kata dia memang harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat, apalagi merupakan salah satu visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf sehingga mampu tercipta keseimbangan antara Pembangunan SDM dan Infrastruktur.

“Karena saya teringat kesejahteraan masyarakat terletak pada pengembangan ekonominya. tentunya marilah kita menjadikan pak Bupati bangga ketika ekonomi baik ataukah masyarakat sejahtera,” tutur anggota DPRD Bulukumba tiga periode ini.

BACA JUGA:   Arum Spink Bantu 20 Unit Komputer untuk Perpustakaan Desa

“Pada tahun 2023 nantinya inilah yang kita dorong agar porsi anggaran dalam hal pengembangan UMKM bisa meningkat utamanya pemberian bantuan dengan harapan bangkit dari Pandemi,” tambahnya.

Dengan memaksimalkan pengembangan UMKM tentu bakal mengarah kepada sistem peningkatan ekonomi dan terwujudnya pembangunan yang terarah khususnya pemerataan pembangunan,” tutupnya. (**)