KanWil Kemenag Sulsel Bimtek 49 Operator SIMAS

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN. Com – Sebanyak 49 Operator Sistem Informasi Kemasjidan (SIMAS) lingkup Kementerian Agama (Kemenag) di empat kabupaten Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto dan Sinjai mengikuti peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Urusan Haji Kemenang Bulukumba, Kamis, 18 Februari 2021.

Kepala Seksi Kemasjidan Hisab Rukyat dan Bina Syariah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Nur, meminta agar seluruh Operator SIMAS di empat kabupaten tersebut untuk lebih aktif dalam menginput dan mengupdate data-data Masjid dan Mushalla di masing-masing wilayahnya.

BACA JUGA:   Inilah Pesan Andi Amin Kepada Panwaslu Terpilih

“Sesuai program Kemenang pusat tentu hal ini menjadi komitmen bersama dalam meningkatan kualitas data dan layanan kemasjidan, serta menyambut kesiapan lounching layanan Bimas Islam berbasis digital oleh Menteri Agama,” ujarnya Muhammad Nur.

Setelah diberikan Bimtek, para operator SIMAS di empat Kabupaten agar mengecek dan memperbaiki data koordinat masjid maupun mushalla.

BACA JUGA:   Diresmikan Bupati Andi Utta, Bolu Rampah Diserbu Warga

“SIMAS merupakan salah satu upaya untuk mempermudah akses informasi kepada publik. Dalam pelaksanakan pendataan itu kita bekali pola pola pembinaan bersinergi dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI). Serta dalam dan dalam bimtek tersebut dibekali pesan bahwa melaksanakan pendataan harus menghargai perbedaan,” bebernya.

Selain menginput data Masjid, melalui Simas.kemenang.go.id juga bisa mengusulkan bantuan termasuk renovasi masjid yang sebelumnya juga diverifikasi oleh KUA.

BACA JUGA:   Anggota DPR RI, Muh Aras Resmikan Program Padat Karya di Bulukumba

Kegiatan Bimtek tersebut dibagi atas empat Zona di Sulsel. Zona pertama yakni Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba dan Sinjai. (**)