Empat Pelajar Wakili Bulukumba di Ajang PIR Tingkat Nasional di Mataram

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Sebanyak empat orang pelajar Bulukumba terpilih mengikuti Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) Tingkat Nasional yang diselenggarakan di Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tanggal 11 sampai 17 Juli 2022. Selama mengikuti PIR Nasional, para pelajar ini didampingi oleh pembina dan pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora).

Terpilihnya keempat siswa Sekolah Menengah Atas tersebut adalah hasil dari seleksi pada pelaksanaan PIR tingkat Regional yang dilaksanakan pada pertengahan bulan Juni yang lalu di Kabupaten Bulukumba.

Kepala Disparpora Daud Kahal menyampaikan bahwa Bulukumba adalah satu-satunya daerah di Provinsi Sulawesi Selatan yang mendapat dukungan dan bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk menyelenggarakan PIR tingkat regional Sulawesi Selatan setiap tahun.

BACA JUGA:   Kenalkan Literasi Sejak Dini, Murid TK Ikuti Terong Pustaka

“Ini tentu menjadi kebanggaan karena Kabupaten Bulukumba mampu secara konsisten melaksanakan PIR Regional setiap tahun,” ungkap Daud saat pelepasan Peserta PIR Nasional di Kantor Bupati, Selasa, 5 Juli 2022.

Dikatakan, dari 120 peserta yang ikut yang berasal dari 5 kabupaten kota, 4 orang dari Bulukumba yang lolos mengikuti PIR Nasional.

Advertisement

Keikutsertaan pelajar Bulukumba dalam PIR ini, tambahnya akan memberikan penguatan dan pengalaman dalam berkompetisi di tingkat nasional.

“Semoga pelajar kita ini menjadi generasi pelanjut di bidang penelitian. Karena pengalaman sebelumnya, Bulukumba banyak melahirkan peneliti peneliti muda yang berlatar belakang dari proses mengikuti PIR,” terangnya.

BACA JUGA:   Bulukumba Jadi Sasaran Program Sekolah Penggerak

Pemkab Bulukumba, lanjut Daud diundang ke Mataram untuk melihat proses penyelenggaraan PIRNAS karena diharapkan Bulukumba tahun depan bisa menjadi tuan rumah PIR Nasional.

“Kita diundang ke sana (Mataram) menyaksikan PIR Nasional sehingga nanti bisa jadi referensi jika Bulukumba ditetapkan sebagai tuan rumah PIR tingkat nasional,” bebernya.

Advertisement

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Andi Edy Manaf mengutarakan kesempatan pelajar Bulukumba mewakili Kabupaten Bulukumba dan provinsi Sulawesi Selatan ke PIR Nasional harus dimanfaatkan dengan sebaik baiknya dalam meraih prestasi.

Dikatakan bahwa selama ini sudah diketahui bahwa pelajar pelajar Bulukumba itu sering mengikuti event seperti olimpiade, sehingga penting pemerintah daerah mengawal keberhasilan- keberhasilan para pelajar sebagai generasi penerus.

BACA JUGA:   49 Kepala Madrasah di Bulukumba Ikut Sosialisasi SIEKA

“Semoga semuanya bisa sukses di sana. Dan kami berterima kasih karena telah menjadi duta Kabupaten Bulukumba yang akan membawa nama harum daerah ini,” imbuhnya.

Edy Manaf pun berharap masyarakat Bulukumba mendoakan kesuksesan 4 pelajar yang mewakili Bulukumba di ajang kompetisi nasional ini.

Berikut nama pelajar yang ikut PIRNAS :
1. Andi Aliya Amalia (SMAN 8 Bulukumba)
2. Fahraeni Aulia Surisman (SMAN 8 Bulukumba)
3. Nurayina Dar (SMAN 8 Bulukumba)
4. Calvin Umboh (SMKS Teknologi Informatika Bulukumba)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.