Dihadapan Menteri Desa, Bulukumba Usul Tiga Desa Wisata

oleh -1.137 views

JAKARTA, BERITA SELATAN.Com -Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Eko Putro Sanjojo melaunching Festival Desa Wisata Tahun 2019 di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2019.

Acara yang dihadiri oleh para gubernur, bupati, kepala Dinas PMD dan Pariwisata se Indonesia ini merupakan kebijakan pemerintah pusat guna terwujudnya pemanfaatan dana desa yang tepat guna dan sasaran. Perlu diketahui bahwa pada Tahun 2019 sudah 2764 Desa Wisata dan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi telah mengembangkan 157 Desa untuk dijadikan Desa Wisata berstandar Internasional.

Festival Desa Wisata bertujuan untuk mewujudkan desa yang maju, mandiri dan berdaulat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, peningkatan kualitas kelembagaan badan usaha milik desa dan peningkatan kesempatan kerja masyarakat desa.

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para Mitra Kementerian, para gubernur dan bupati yang telah membantu keberhasilan pelaksanaan program di daerah masing-masing terutama melalui dana desa dan target RPJM Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi telah melampaui target yang telah ditentukan.

BACA JUGA:   Bupati Bantaeng Serahkan LKPD 2020 ke BPK

Pada kesempatan ini pula, Eko Putro Sanjojo mohon pamit dihadapkan para Gubernur dan Bupati karena masa jabatannya sudah hampir berakhir dan beliau juga menyampaikan bahwa Insya Allah tahun depan jumlah ADD akan semakin besar guna pemerataan pembangunan di desa.

Bupati Bulukumba AM. Sukri Sappewali menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Desa atas capaian target yang begitu besar dan sukses dalam melaksanakan program pembangunan di sektor perdesaan. Cepatnya pembangunan infrastruktur serta percepatan penurunan kemiskinan didesa disebabkan karena begitu besarnya perhatian pemerintah pusat ke daerah.

BACA JUGA:   Viral, Pengantin di Jeneponto Naik Vespa Jadul Usai Nikahan

“Kita berharap, mulai tahun 2020 pemerintah pusat harus fokus pada sektor lainnya yaitu pada sektor pemberdayaan ekonomi dan masyarakat desa karena kita melihat potensi BUMDes sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di desa,” tutur bupati saat hadir pada acara launching Festival Desa Wisata Tahun 2019 didampingi Kadis PMD Andi Roslinda dan Sekretaris Dinas Pariwisata Andi Mattampawali.

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengusulkan tiga desa takni Desa Kahayya Kecamatan Kindang, Desa Bira dan Darubiah Kecamatan Bonto Bahari untuk menjadi Desa Wisata.

“Saya sudah perintahkan Kadis PMD dan Pariwisata untuk berkolaborasi dan berkoordinasi dengan dinas lainnya untuk mewujudkan hal tersebut,” katanya.

Untuk mewujudkan Desa Wisata, bupati menegaskan semua stakeholder harus terlibat aktif, buat perencanaan yang matang, jangan ada ego sektoral sehingga terkesan OPD jalan sendiri-sendiri.

BACA JUGA:   Bulukumba Terima Penghargaan Program Pengembangan Wisata Desa

“OPD harus jalan beriringan, karena kita tau, kita memiliki potensi sumber daya alam yang begitu indah, kita punya laut dengan pasirnya yang tak kalah indah dari daerah wisata bahari lainnya, kita punya pegunungan yang begitu elok dipandang mata, kita hanya butuh kekompakan dalam mengelola pariwisata kita. Pak Gubernur juga siap membantu kita dalam mengelola dan mengembangkan sektor pariwisata kita, siap mensupport dan memberikan dukungan dana yang besar untuk mewujudkan pengembangan pariwisata kita. Beliau siap mempromosikan pariwisata kita sampai keluar negeri, karena beliau banyak memiliki teman / jaringan investor untuk membantu kita. Jadi Ibu Kadis PMD dan Pariwisata harus jeli dan sigap menangkap peluang ini,” pinta AM. Sukri Sappewali. (*)