Bulukumpa Raih Juara Umum Satu Pada Perhelatan STQH di Herlang

oleh -1.544 views

BULUKUMBA, BERITA SELATAN, Com -Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) Tingkat Kabupaten Bulukumba yang digelar di Lapangan Sepakbola Tanuntung Kecamatan Herlang pekan lalu resmi ditutup oleh Bupati dan Wakil Bupati, Jumat, 1 Januari lalu. Setelah melalui proses persaingan yang panjang dan ketat akhirnya Kecamatan Bulukumpa dinobatkan sebagai juara umum dengan perolehan empat emas tiga perak.

Kemudian disusul kecamatan Ujung Bulu sebagai juara umum II dengan perolehan 3 emas dan 4 perak serta 1 perunggu. Dan juara umum III diraih oleh tuan rumah Kecamatan Herlang dengan perolehan 2 emas, 2 perak dan 4 perunggu.

Bupati AM Sukri Sappewali menyampaikan selamat kepada para peserta yang meraih juara. Menurutnya raihan juara tersebut belum berakhir, karena para peserta yang meraih emas harus terus berlatih karena akan mewakili Kabupaten Bulukumba pada ajang STQH Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan April mendatang di Kabupaten Toraja.

BACA JUGA:   Positif Covid-19 di Bulukumba jadi 6 Orang, 2 Sembuh 4 Dirawat

“Saya minta kepada para pembina untuk semakin meningkatkan latihan dan pembinaan, sehingga para wakil Bulukumba di STQH tingkat provinsi lebih siap berlomba dan menjadi juara,” pintanya AM. Sukri A. Sappewali melalui acara penutupan STQH.

Sebagai salah satu bentuk pembinaan kehidupan keberagamaan, maka SQTH, kata AM Sukri Sappewali menjadi momentum yang sangat tepat untuk membangun kesadaran masyarakat sejak dini kepada masyarakat, khususnya anak-anak dalam memahami, mendalami dan mengamalkan ajaran-ajaran agama, berdasarkan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW.

BACA JUGA:   BPBD Bulukumba Warning Masyarakat Hadapi Cuaca Ekstrim

Dirinya berharap, para orang tua terus menjaga kelangsungan pendidikan anak-anak.

“Jangan lupa untuk memberikan modal dasar kepada mereka, yaitu pendidikan baca-tulis Al-Qur’an serta pendidikan agama Islam yang lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lokal Andi Nurfidyah Samad mengungkapkan Kecamatan Herlang cukup lama menanti menjadi tuan rumah STQ, sejak 2007 atau 11 tahun yang lalu, Kecamatan Herlang baru kembali menjadi tuan rumah. Menurutnya suksesnya pelaksanaan STQH tingkat kabupaten tidak terlepas dari peran dan konstribusi dari para anak muda Herlang yang tergabung dalam Tim Creativ binaan Karang Taruna Herlang yang menjadi panitia lokal.

BACA JUGA:   RSUD Bulukumba Optimalkan Pelayanan dengan Budayakan 5S

“Alhamdulillah, STQH ini berjalan dengan baik dan sukses, yaitu sukses penerimaan, sukses pelayanan dan sukses prestasi,” imbuh Andi Nurfidya.

Pada momentum penutupan STQH ini, Bupati dan Wakil Bupati membeli hasil karya pemuda Herlang, Hendra Gunawan. Karya berupa kaligrafi Surah Ar Rahman dan lukisan perahu Pinisi yang diukir dari kaca tersebut dilelang oleh Bupati AM Sukri Sappewali saat menyampaikan sambutan.

Hasilnya, dua karya tersebut dibeli sendiri oleh AM Sukri Sappewali dan Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto. Kaligrafi dibeli oleh Bupati seharga Rp. 10 juta, dan Wakil Bupati mengambil lukisan Pinisi dengan harga Rp. 2.5 juta (*)