Bank Sulselbar Bimtek Penggunaan QRIS di Mesjid Al- Muawanah

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com -Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) Cabang Bulukumba bersama Bank Indonesia (BI) Sulsel melakukan Sosialisasi penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan penyerahan program sosial dari Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) di Mesjid Al- Muawanah Kelurahan Terang-terang Kecamatan Ujung Bulu. Jumat, 26 Nopember 2021.

Sosialisasi tersebut dilakukan oleh Bank Sulselbar Cabang Bulukumba itu, guna untuk dapat mencapai target program penggunaan QRIS di seluruh Masjid yang ada di Bulukumba.

Kepala Seksi Pemasaran Bank Sulselbar Cabang Bulukumba, Muh.Nasrum mengatakan Masjid Al- Muawanah ini merupakan masjid yang pertama (Pionir) di Bulukumba menggunakan QRIS, dan sudah berjalan baik.

” Memang pada dasarnya, Masjid ini dulu yang menjadi Project di Bulukumba. Dan di Bulukumba itu sudah ada 2 Masjid, tapi memang Masjid ini paling aktif,” kata Nasrum.

BACA JUGA:   Bimtek Percepatan Penurunan Stunting, Bunda PAUD Bulukumba : Pendidikan Usia Dini Pondasi Awal Pertumbuhan Anak

Lebih jauh Nasrum menambahkan, ditahun ini sudah ditargetkan puluhan Masjid menggunakan QRIS, hanya saja untuk pembuatan Barcodenya membutuhkan proses.

Sehingga untuk sementara hanya dua masjid yang berjalan, namun beberapa Masjid lain tengah tahap komunikasi dengan pengurusnya.

” InsyaAllah ditahun 2022 nantinya, kita akan QRISkan seluruh Masjid di Bulukumba, termasuk yang ada di Desa,” terang Nasrum.

Advertisement

Sementara, Bendahara Masjid Al- Muawanah, Darmawan menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Pihak Bank Sulselbar dan BI yang bersedia melakukan silaturahmi di Masjid markas pejuang Subuh itu.

BACA JUGA:   Bhabinkamtibmas Ingatkan Pedagang dan Pembeli Patuhi Protokol Kesehatan

Ia berharap, semoga kehadiran pihak Bank Indonesia dan Bank Sulselbar bisa membawa keberkahan.

” Penggunaan Qris di masjid ini sudah berjala sejak beberapa bulan yang lalu. Dengan adanya Qris di Masji ini, sangat membantu program-program kami. Karna saldo meningkat”, ucap Darmawan

Dilanjutkannya, bahwa Kas di masjidnya itu setiap awal bulan kosong. Karena pihaknya pergunakan untuk program sosial dan biaya operasional Masjid.

Advertisement

Sementara, Rudy Bambang Widjanarko selaku Kepala Deputi perwakilan BI Sulsel mengatakan Program Qris ini merupakan program Nasional. Untuk di Sulsel sendiri pihaknya menggandeng Bank Sulselbar untuk mengQriskan masjid.

Karena di saat ini kata dia, ada yang namanya Aplikasi Sistem Informasi Masjid (Simas) makanya kami di perbankan meluncurkan Qris. Hal ini demi memudahkan masyarakat yang ingin berinfaq dan bersedekah bisa melalui Qris ini.

BACA JUGA:   Banggar DPRD -TPAD Bahas APBD-P 2021 Hingga Dini Hari

”Kami ini mendapatkan amanah dari Dewan Masjid Indonesia untuk melakukan kerjasama dengan pengurus masjid di Sulsel untuk penggunaan Qris ini,” ucap Rudy Bambang.

Dikatakan Rudy, karena di BI tidak sendiri. Makanya pihaknya mengajak perbankan sebagai perluasan untuk sama-sama bisa mengQriskan Masjid-masjid yang ada di Sulsel.

Untuk diketahui, Bank Sulselbar melaunching Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) ini demi memperluas akses pembayaran secara digital April 2021 lalu. Bank Sulselbar secara resmi mendapatkan izin sebagai pelaksana QRIS pada 10 Maret 2021 lalu. (**)

Advertisement