Andi Utta-Edy Manaf Ungkap Filosofi Nomor Urut 4

oleh -
Andi Utta-Edy Manaf

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Pasangan Calon (Paslon) Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf (Andi Utta-Edy Manaf) mendapat nomor urut empat untuk berlaga di Pilkada Bulukumba 2020. Pasangan yang disebut Harapan Baru Bulukumba itu pun menyambutnya dengan baik.

Nomor urut 4 tersebut rupanya memiliki makna tersendiri. Calon Bupati Bulukumba, Andi Utta mengatakan angka 4 adalah angka yang menarik dengan berbagai alasan serta pengartian sendiri.

Menurut Andi Utta, bagi masyarakat Bulukumba, yang ada Bugis dan Konjo, angka 4 indentik dengan nilai-nilai kemanusiaan dan empat sisi kesempurnaan alam biasa disebut ‘Appa Sulapa’ atau ‘Sulapa Appa’. Melalui itu bersatu padu untuk kabaikan.

BACA JUGA:   Rachmat Gobel Berkomitmen Bakal Mengawal Program Askar-Pipink

Menarik lanjut dia, angka 4 seperti petunjuk kemenangan yang arahkan ke pihaknya. Jargon Dikerja Bukan Dicerita yang selama ini digaungkan masyarakat seperti tergambar dalam angka 4 itu.

Angka empat umumnya disebut masyarakat Bugis dan Konjo Bulukumba Appa. Appakabaji atau Appakahaji berarti memperbaiki atau saling bergotong royong untuk setiap sendi kehidupan, serta Appakalebbi pada versi bugisnya, kata yang sama-sama mengandung makna kebaikan berbuat nyata untuk masyarakat.

Advertisement

“Nomor yang menarik, Appakahaji atau Appakalebbi seperti filosopi orang Bugis-Konjo Bulukumba,” kata Andi Utta usai pleno pengundian nomor urut di KPU Bulukumba, Kamis, 24 September 2020.

BACA JUGA:   Mantan Ketua KNPI Sulsel ini Ajak Pemuda Milenial Berkarya

Dia menambahkan, dengan melekatnya nomor urut 4 pada Paslon Harapan Baru, menjadi pertanda bahwa mereka siap meraih kemenangan demi kesejahteraan masyarakat Bulukumba kedepannya.

Advertisement

“Kita ingin meraih kemenangan dengan hormat tanpa merusak nilai persaudaraan antara sesama warga Bulukumba,” tambahnya. 

Sedangkan Edy Manaf berkelakar bahwa angka 4 adalah angka berkah yang sarat kemenangan.

Politisi PAN itu mengatakan, ia sudah dua kali berstatus sebagai calon wakil Bupati di Pilkada Bulukumba. Dalam dua kali tersebut seperti tanda untuknya membuktikan untuk menang. Dan angka 4 diyakininya nomor urut berkah yang sarat akan kemenangan.

BACA JUGA:   Ribuan Pendukung Kawal Rahmat Muhayang di Pelantikan Anggota DPRD Sulsel

“Jika dua ditambah dua digabung, maka akan mendapatkan angka empat. Insyaallah ini pertanda baik yang merupakan berkah dari yang maha kuasa. Insyaallah menang,” ujar Edy Manaf optimis.

Olehnya ia mengaku jika Harapan Baru diberi amanah akan ada misi 4P, sektor unggulan yang menjadi fokus prioritas pembangunan di Bulukumba yakni, pertanian, peternakan, perikanan, dan pariwisata.

“Empat sektor itu yang harus segera digerakkan demi kesejahteraan masyarakat Bulukumba,” pungkas Edy Manaf. (**)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.