28 Pejabat Eselon II Pemkab Bulukumba Ikut Job Fit

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Pemerintah Kabupaten Bulukumba mulai melaksanakan Uji Kompetensi atau Job Fit kepada para pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba untuk menduduki Jabatan Tinggi Pratama Eselon II.b sesuai kelembagaan baru yang akan berlaku pada Januari 2022.

Sebanyak 28 orang pejabat mengikuti tes tertulis dan tes wawancara oleh Panitia Seleksi yang direncanakan berlangsung selama 2 hari di Kantor Bappeda Bulukumba, Sabtu- Minggu 18 sampai 19 Desember 2021.

Sekretaris Daerah Ali Saleng menyampaikan Pelaksanaan Uji Kompetensi (Job Fit) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dalam rangka mutasi atau rotasi bertujuan untuk mendapatkan Aparatur Sipil Negara yang memenuhi persyaratan sesuai standar kompentesi yaitu aspek Manajerial, Teknis, dan Sosio Kultural.

Selain itu, lanjutnya Job Fit dimaksudkan untuk mendapatkan kesesuaian antara kompetensi dan kinerja yang telah dilakukan selama menjabat sebagai Pimpinan Tinggi Pratama serta dalam rangka pemenuhan kebutuhan organisasi sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Bulukumba Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas
Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

BACA JUGA:   Yayasan Hadji Kalla Salurkan Bantuan APD ke RSUD Bulukumba

Sebagaimana yang menjadi harapan Bupati dan Wakil Bupati, kata Ali Saleng hasil dari Job Fit ini diharapkan mendapatkan pejabat yang mampu melaksanakan tugas- tugas pemerintahan guna pencapaian target Pembangunan yang telah direncanakan sebagaimana tertuang dalam RPJMD.

Untuk melaksanakan Visi-Misi Pemerintah Kabupaten Bulukumba periode Pemerintahan ini, lanjut Ali Saleng, Bupati Muchtar Ali Yusuf membutuhkan dukungan pejabat atau Pimpinan Tinggi Pratama yang memiliki kompetensi dan mampu melakukan akselerasi pelaksanaan program kegiatan sesuai Visi Misi.

BACA JUGA:   Edy Manaf Salah Satu Figur Calon Ketua Kwarcab
Advertisement

“Bupati Bulukumba juga menyerahkan sepenuhnya proses dan hasil Job Fit ini kepada Panitia Seleksi yang akan bekerja secara professional sesuai tanggungjawab dan kewenangan yang diberikan,” terang Ali Saleng saat membuka pelaksanaan Uji Kompetensi di Aula Kantor Bappeda.

Sementara itu salah seorang pejabat yang mengikuti Job Fit, Kepala Dinas Kominfo HM Daud Kahal mengemukakan pengalaman mengikuti uji kompetensi. Dikatakan sebelum mengikuti job fit, terlebih dahulu membuat makalah yang memetakan potensi apa yang akan dikembangkan pada OPD yang dituju atau diminati, termasuk capaian apa yang harapkan jika menduduki atau memimpin OPD tersebut.

Advertisement

Pemetaan potensi yang dimaksud, lanjutnya harus sesuai dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, sehingga hal ini menjadi acuan dan pertimbangan panitia seleksi dalam memberikan penilaian.

BACA JUGA:   Hadiri Silaturahmi TP PKK se Sulsel, Herfida Muchtar Harap Dukungan TP PKK Provinsi

“Kita (peserta Job Fit) diberikan dua pilihan OPD mana yang diminati untuk dijabat,” ringkas Daud Kahal yang juga pernah mengikuti Seleksi Terbuka Jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Bulukumba.

Dalam Uji Kompetensi ini, Pemerintah Kabupaten Bulukumba menunjuk Prof. Dr. Aminuddin Ilmar, SH., MH selaku Ketua Panitia Seleksi, Dr. Aslam Patonangi, SH, M.Si Selaku Sekretaris, serta tiga orang anggota yaitu Ir. Misbawati A.Wawo, M.M, Dr. Ir. Andi Irwan Nur, M.Env.St, dan Dr. Sitti Murdiana Muin, S.Psi., M.Psi.

Adapun hasil Uji Kompetensi oleh panitia seleksi akan ditetapkan pada tanggal 22 Desember untuk selanjutnya disampaikan ke Bupati Bulukumba selaku Pejabat Pembina Kepegawaian. (**)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.