Andi Utta Serahkan Bibit Durian Musangking 7.620 pohon

oleh -
Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf serahkan bantuan bibit durian musang king ke kelompok tani.

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf di sela pelaksanaan Apel Gabungan OPD menyerahkan secara simbolis bibit durian kepada 5 kelompok tani di Desa Jojjolo Kecamatan Bulukumpa, di halaman Kantor Bupati Bulukumba, Senin 20 Desember 2021.

Bibit durian tersebut merupakan bantuan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di tahun anggaran 2021 sebanyak 7.620 pohon. Durian Musangking adalah jenis durian baru yang berasal dari Malaysia yang mempunyai keunggulan rasa dan daging buahnya yang sangat tebal.

Permintaan buah dan bibit durian ini cukup tinggi. Sementara budidaya durian Musangking di Indonesia masih sangat sedikit.

Jika dilihat dari letak geografis, Bulukumba adalah daerah potensi yang menghasilkan buah durian. Luas areal pertanaman durian di Kabupaten Bulukumba sebanyak 1.130, hektar yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Bulukumpa, Kindang, Rilau Ale dan Gantarang. Namun jenis durian yang dibudidayakan selama ini pada umumnya masih jenis durian lokal dan jenis Montong.

BACA JUGA:   Program Berbagi, Andi Makkasau Serahkan Bantuan Sembako

Bupati Muchtar Ali Yusuf mengatakan pemberian bantuan bibit durian ini adalah upaya bersama Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam mewujudkan pembangunan sektor pertanian – perkebunan melalui kebijakan penyediaan bibit unggul untuk meningkatkan kualitas dan hasil pertanian Kabupaten Bulukumba ke depan.

Advertisement

“Kita bersyukur bahwa program bibit unggul ini didukung oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, sehingga tahun 2021 telah mengalokasikan bantuan bibit durian Musangking di Kabupaten Bulukumba,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Bayi Pertama Lahir di Rumah Sakit Pratama Tanete

Andi Utta sapaan akrab Bupati berharap kepada kelompok tani yang menerima bibit durian untuk dapat menjaga dan memelihara bibit durian unggul tersebut, sehingga beberapa tahun ke depan Bulukumba dapat menghasilkan buah durian Musangking yang berkualitas dan bisa diekspor.

Advertisement

Salah seorang anggota kelompok tani penerima bantuan, Asdar mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan tersebut. Ia mengaku masyarakat patut berbangga atas kerjasama seluruh pihak yang terlibat, sehingga bantuan bibit durian Musangking bisa ditanam di Bulukumba.

“Insya Allah kita akan rawat dan pelihara, sehingga ke depan menjadi salah satu hal yang bisa menambah peningkatan ekonomi masyarakat,” pintanya.

BACA JUGA:   Kades Mattirowalie Serahkan BLT Tahap Dua Kepada 22 KPM

Adapun 5 kelompok tani yang menerima bibit durian Musangking di Desa Jojjolo Kecamatan Bulukumpa adalah Kelompok Tani Balumbung, Kelompok Tani Mallembang II, Kelompok Tani Lajae I, Kelompok Tani Kampenni, dan Kelompok Tani Mekar Tani.

Selain bantuan bibit durian Musangking, Bupati Andi Utta juga menyerahkan bantuan pompa mesin air berbahan bakar gas secara simbolis. Bantuan pompa air dengan merek Honda kapasitas 5,5 PK ini merupakan program Kementerian Energi Sumber Daya Mineral RI yang peruntukkan kepada petani di Kabupaten Bulukumba sebanyak 100 unit. (**)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.