Wajah Bulukumba 2022: Bertabur Penghargaan, Genjot Pembangunan Fisik

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Defisit bicara surplus kinerja, itulah wajah pemerintahan bertagline Harapan Baru Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf. Pasangan Bupati-Wabup ini, baru dilantik pada Februari 2021 lalu. Otomatis, tahun anggaran 2021 sudah berjalan.

Tahun 2022, merupakan tahun pertama penganggaran pelaksanaan visi misi pemerintahan Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf. Sepanjang tahun 2022 ini, Bulukumba bertabur penghargaan serta pembangunan fisik digenjot, seperti Kantor Satu Atap (Satap), Pantai Merpati, maupun infrastruktur jalan.

Meski begitu, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf tak henti-hentinya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut andil sekaligus mendukung pemerintah daerah dalam memajukan dan menyejahterakan masyarakat Bumi Panritalopi.

“Saudaraku semua, Bulukumba milik kita bersama. Mari mengambil peran mewujudkan Bulukumba maju dan sejahtera,” kata bupati yang akrab disapa Andi Utta saat Coffe Night bersama puluhan awak media dalam refleksi Bulukumba tahun 2022 di Mr. Redmont Cafe, Kota Bulukumba, Senin, 2 Januari 2022.

Gedung Satap yang menjulang tinggi adalah bukti komitmen bupati berlatar pengusaha itu, untuk mempermudah pelayanan ke masyarakat. Apalagi, ia menilai bahwa bangunan gedung sebelumnya, sudah tak layak digunakan untuk aktivitas perkantoran.

BACA JUGA:   Andi Utta-Patudangi Azis Kompak Borong Paket Pasar Murah dan Bagikan ke Warga

“Beberapa kantor OPD sudah tidak layak. Sehingga dibutuhkan penyegaran gedung yang lebih refresentatif dalam memaksimalkan kinerja pemerintahan dan pelayanan ke masyarakat,” ujar Andi Utta.

Advertisement

Menurutnya, kondisi bangunan gedung tak layak, juga berpengaruh pada biaya pemeliharaan yang relatif besar. Kemudian, katanya, di bagian atas atau top floor gedung Satap nantinya akan diisi oleh kuliner dan UMKM-UMKM lainnya.

“Untuk pemeliharaan gedung ke depan, sisa memfungsikan penghasilan kuliner di atas untuk menutupi listrik, cleaning service dan lain-lain. Efisiensi anggaran akan sangat terasa. Masyarakat juga, akan lebih mudah dilayani. Tidak lagi harus pindah-pindah kantor,” jelasnya.

Advertisement

Andi Utta kemudian menyinggung manfaat dan pentingnya pembangunan penataan Pantai Merpati. Sebab selama ini, banyak warga Bulukumba, menghabiskan waktu santai bersama keluarga di kabupaten lain.

“Kalau Pantai Merpati sudah difungsikan, UMKM dan kuliner akan lebih bergairah. Kita ingin menjadikan ikon kuliner Bulukumba. Selain itu, juga bisa hiburan-hiburan malam, seperti penampilan band dan sanggar seni lainnya,” tukasnya.

Tak hanya itu, pembangunan infrastruktur jalan tahun 2022 di Kabupaten Bulukumba sepanjang 62 kilometer dengan total anggaran Rp107 miliar, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU).

BACA JUGA:   Proyek Perubahan PEZAN DARMA, Resmi Dilaunching Bupati Bulukumba
Advertisement

“Ketika infrastruktur jalan baik, ekonomi akan bergerak lebih cepat. Jalan ini, akan memudahkan akses perdagangan,” kata Andi Utta.

Pada tahun 2022 juga sejumlah kalangan menilai, Bulukumba sukses menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel tahun 2022. Itu pun biaya selaku tuan rumah tanpa menggunakan dana APBD

Advertisement

Selain itu Bulukumba juga sukses meraih prestasi, dimana sejak perhelatan Porprov/Porda untuk pertama kalinya Bulukumba masuk 10 besar atau rangking 5 perolehan medali.

Sejumlah penghargaaan juga diterima selama tahun 2022, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya menerima 9 buah penghargaan:

1. Baznas Award Tahun 2022 (Program Zakat Commnunity Development di Desa Kahayya)
2. Penghargaan Nilai Tertinggi Penilaian Survey Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan
3. Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RIĀ  atas Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021
4. Penghargaan FASS Award 2022 sebagai Forum Anak dengan Program Kerja Hak Sipil dan Kebebasan Terbaik
5. Penghargaan Peringkat Ke-2 Kinerja Terbaik Pengelolaan Dana Desa Kategori Lebih dari 100 Desa
6. Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Pratama
7. Adiwiyata Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Madrasah Ibtidiayah Negeri 3 Bulukumba)
8. TOP Government Publik Relation (GPR) 2022
9. BKN Award 2022 Kategori Penilaian Kompetensi
10. Penghargaan Produk Unggulan Berpotensi oleh Tas Anyaman Daun Lontar
11. Penghargaan Finalis Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2022 (Bidang Pangan)
12. KPID Award 2022 Kategori Siaran Perempuan dan Anak
13. 300 Besar Desa Wisata, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 (Desa Lembanna)
14. Top 30 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Sulawesi Selatan Tahun 2022
15. Penghargaan Program Kampung Iklim Tahun 2022 Kategori Utama
16. Penghargaan Pembina Program Kampung Iklim (Proklim)
17. Penghargaan Inseminator Terbaik IB dan Kawin Alam (Juara I Lomba Petugas Reproduksi Tahun 2022)
18. Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (Kategori Peduli)
19. Penghargaan Dukungan Pemerintah Daerah dalam Penguatan Layanan Administrasi Kependudukan
20. Penghargaan Sebagai Pokok Lelang Tertinggi (Non Eksekusi)
21. Penghargaan Peringkat ke-3 Terbaik Kesesuaian Penyelesaian Antara Temuan BPK dengan Rekomendasi
22. Penghargaan Kategori Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.