Tim Evaluator KemenPan-RB Kunjungi RSUD Bulukumba

oleh -1.935 views

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com -Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba menerima kedatangan tim evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPan – RB).

Kedatangan tim Kementerian tersebut untuk melakukan penilaian dan survei terkait evaluasi pelayanan publik di RSUD Bulukumba.

Kedatangan tim evaluator tersebut, disambut langsung oleh Direktur RSUD, dr.H.Abdur Rajab H,MM, bersama dengan unsur manajemen lainnya dan dewan pengawas rumah sakit di Aula Pertemuan RSUD Bulukumba, Jumat, 6 September 2019.

Pada acara tatap muka, Direktur RSUD Bulukumba, dr. Rajab menyampaikan terima kasih kepada ketua dan anggota tim evaluator atas kunjungannya di RSUD H.A. Sulthan Daeng Radja.

Menurutnya, RSUD H.A.Sulthan Dg Radja sebagai rumah sakit dengan tipe B dan menjadi pusat rujukan wilayah Selatan-Selatan yang juga menyandang predikat akreditasi paripurna.

BACA JUGA:   Jelang HUT RI, KSP Berkat Bagikan Bendera Merah Putih

“Tentunya sangat mengharapkan adanya dukungan serta saran dari tim evaluator terkait perbaikan layanan kesehatan kedepannya,” ungkap dr.Rajab, sapaan akrabnya.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa baru- baru ini RSUD mendapat cobaan berat dengan adanya penurunan tipe RS dari tipe B ke tipe C, namun syukur alhamdulillah berkat kerja keras yang ditunjukkan oleh seluruh pegawai rumah sakit yang juga mendapat dukungan dari Pemda dan Legislatif sehingga RSUD Bulukumba dapat kembali mempertahankan untuk tetap pada tipe B.

Terkait dengan elemen penilaian yang akan dilakukan oleh tim evaluator, dr.Rajab optimis akan memberikan hasil yang memuaskan.

BACA JUGA:   Ini Harapan JMS di Harlah ke-94 NU

“Intinya kami di RSUD siap di evaluasi dan siap diberi rekomendasi,” ucap dr.Rajab dihadapan evaluator KemenPan-RB.

Selain itu, tim evaluasi KemenPan-RB yang berjumlah 3 orang tersebut, diketuai oleh Ibu Roosmala Lussa, dan 2 rekannya yakni Retno Setia Ningsi dan Renard Alsius

Mengatakan, bahwa evaluasi yang dilakukan di rumah sakit dilaksanakan melalui observasi atau kunjungan keruangan- ruangan dan pemeriksaan dokumen.

“Adapun indikator evaluasi yang dinilai diantaranya adalah Standar Pelayanan, Maklumat Pelayanan, Survey Kepuasan Masyarakat, Pengelolaan Pengaduan, Sarana Prasarana, dan Inovasi layanan kesehatan yang ada di Rsud H. A. Sulthan Daeng Radja,” beber Roosmala Lussa, yang juga Kasubag Pembina Pelayanan Publik Biro Organisasi Pemprov Sul-Sel.

BACA JUGA:   Bupati Menjadi Saksi Pencanangan Zona Integritas di Lapas Bulukumba

Rosmala menambahkan, bahwa evaluasi yang dilakukan di RSUD merupakan yang terakhir, dimana sebelumnya 3 diantaranya telah dilakukan evaluasi yakni Disduk Capil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Kantor Polres Bulukumba.

Sementara itu, mewakili Bupati Bulukumba, Asisten 3 DR. Andi Syamsul Mulhayat, SH,MH, mengaharapkan RSUD Bulukumba yang notabenenya merupakan satu – satu nya rumah sakit milik PEMDA untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat.

“Tentunya dengan memberikan pelayanan yang maksimal dan responsip terhadap keluhan yang ada,” ungkapnya.

Kedepannya ia berharap, RSUD H. A. Sulthan Dg Radja mampu memberikan inovasi baru yang tentunya dapat memudahkan masyarakat dan pasien mengakses layanan kesehatan demi peningkatan derajat kesehatannya. (sur)