Tekan Kasus HIV/AIDS, Unit PKRS RSUD Bulukumba Adakan Penyuluhan di Kalangan Remaja

oleh -1.559 views

BULUKUMBA, BERITA SELATAN, Com -Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Sulawesi Selatan. Kembali menggelar penyuluhan terkait bahaya penyakit HIV/AIDS dikalangan remaja.

Penyuluhan yang digelar di aula pertemuan lantai 2 gedung SMK Negeri 1, diikuti oleh puluhan siswa-siswi yang merupakan perwakilan kelas dan lintas organisasi kesiswaan, pada Rabu, 19 Juni 2019.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Negeri 1 Bulukumba, Abdur Rahman, menyampaikan terima kasih atas penyuluhan yang dilakukan oleh tim PKRS RSUD. Menurut, Abdur Rahman penyuluhan ini sangat perlu sebagai salah satu bentuk sosialisasi dikalangan remaja, khususnya pada siswa SMK.

BACA JUGA:   Didampingi Staf Fraksi, Andi Soraya Serap Aspirasi Warga Bontonyeleng

Ia mengharapkan, kedepannya kegiatan ini dapat terus di lakukan secara berkesinambungan, bahkan meminta untuk diagendakan khusus, sehingga semua siswa dapat ikut dan lebih paham tentang bahaya dari HIV/AIDS.

Sementara itu, Kasubag Humas dan Promkes RSUD Bulukumba, Gumala Rubiah, menyampaikan bahwa program ini merupakan agenda rutin PKRS. Dimana unit PKRS bukan hanya melakukan penyuluhan dalam rumah sakit saja, melainkan juga melakukan penyuluhan di luar yakni pada lintas organisasi dan sekolah-sekolah.

BACA JUGA:   Catatan 57 tahun Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (14 Maret 1964- 14 Maret 2021)

“Tujuannya, untuk menyamakan persepsi terkait bahaya yang ditimbulkan dari penyakit HIV/AIDS”, ucapnya.

Sementara dr. Muliawan Mubara selaku pemateri menyebutkan, Januari hingga Juni 2019 sudah ada 11 Pasien baru yang mengidap HIV. “Dari Januari hingga Juni 2019, tercatat sudah 11 pasien HIV yang periksa di RSUD Bulukumba,” ungkapnya.

dr. Wawan menuturkan, HIV merupakan singkatan dari human, immunodeficiency virus. Sedangkan AIDS adalah singkatan dari acquired immune deficiency syndrome.

Berarti penyakit tersebut merupakan kumpulan gejala penyakit yang timbul akibat menurunnya kekebalan tubuh.

Perlu diketahui, bahwa HIV akan melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia yang menyerang sel darah putih, di mana fungsi sel darah putih diibaratkan seperti tentara melawan infeksi.

BACA JUGA:   Kukuhkan TPAKD Bulukumba, Tomy : Tim ini Harus Dorong Inklusi Keuangan

Dilanjutkannya, HIV yang memasuki sel darah putih akan berkembang biak dan merusak sel tersebut, yang berdampak pada sistem kekebalan tubuh semakin menurun dan menyebabkan tubuh menjadi rentan terhadap segala serangan penyakit.

Olehnya itu, dr. Wawan yang kesehariaannya bertugas di RSUD Bulukumba, mengajak seluruh siswa untuk menghindari faktor-faktor penyebab HIV, antara lain seperti pergaulan bebas dan konsumsi narkoba.(Adv).