Survei Terbaru, HM21 Berada di Posisi Puncak Jelang Hari Pencoblosan

oleh -974 views

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Lembaga Survei Standar Indonesia (SI) merilis survei dinamika elektoral Pilkada Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Wakil Direktur Eksekutif Standar Indonesia, Trye Rezky menyampaikan hasil survei paslon yang akan dipilih warga Bulukumba jika pencoblosan dilakukan hari ini.

Hasilnya, pasangan nomor urut 1, Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati Makking atau HM21 bertengger pada posisi tertinggi yakni 24,60 persen.

Disusul pasangan nomor urut 2, Askar HL-Arum Spink diposisi kedua dengan 22,20 persen. Selanjutnya pasangan nomor urut 3, Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau dengan 19,70 persen.

BACA JUGA:   Kian Erat, Warga Herlang Kunci Kemenangan Bersama Kacamatayya

Dan posisi terakhir menjadi juru kunci, pasangan nomor urut 4, Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf dengan 18,30 persen.

“Dalam survei juga masih terpotret angka pemilih yang belum menentukan sikap sebanyak 15,20 persen. Angka ini masih terbilang cukup tinggi mengingat hari pencoblosan sisa menghitung hari,” ujar Trye dalam rilis daring kepada awak media, Rabu, 25 November 2020.

BACA JUGA:   Dapat Rekomendasi PPP, Askar HL Bakal Menggelar Deklarasi

Selain itu ia menyebut, dibandingkan temuan sebelumnya, dukungan masyarakat pada pasangan nomor urut 1, Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati Makking menguat cukup signifikan, mengungguli paslon lainnya di Pilkada Bulukumba karena beberapa faktor.

Sejumlah faktor tersebut yakni, paslon nomor urut 1 cenderung tidak ada persoalan pada pasangan ini. Kedua, Karena pasangan ini sudah massif dan terus menerus bertatap muka dengan masyarakat.

BACA JUGA:   Jelang Pendaftaran KPU, Pasangan Bulukumba Asik Gelar Konsolidasi Akbar

“Ketiga, pasangan ini ada keterwakilan laki-laki dan perempuan. Terakhir, pasangan ini memenuhi unsur geo politik yang baik. Pasangan Bulukumba Barat dan Bulukumba Timur (Bugis-Konjo),” jelas Trye.

Survei ini dilakukan pada 17 Oktober sampai 15 November 2020 menggunakan metode random sampling terhadap 440 orang dengan margin of eror 5,00 persen, sementara tingkat kepercayaan 95 persen. (**)