Pengasuh Taman Baca Al Qur’an Sambali Kewalahan Melayani Santri

oleh -
Advertisement

SELAYAR, BERITA SELATAN.Com – Di tengah padatnya agenda peninjauan Pekerjaan Rehab Rumah akibat Gempa pertengahan Desember tahun lalu, di Kecamatan Pasi Marannu, Wakil Bupati Kep. Selayar, Saiful Arif menyempatkan diri meninjau Taman Baca Al-Qur’an Muhammadiyah di Desa Sambali, Sabtu sore, 23 Juli 2022.

Pada kesempatan tersebut Wabup Saiful Arif berdialog langsung dengan pengasuhnya Aminuddin.

Ditemani istrinya, Aminuddin yang rumahnya Rusak Berat, rata dengan tanah, menuturkan, saat ini santrinya sudah 51 orang, dengan bervariasi kemampuan baca Al Qurannya. Ada yang baru tingkatan Iqra, ada juga yang sudah lancar, bahkan ada yang sudah butuh guru tilawah dan tajwid untuk belajar melagu.

BACA JUGA:   Saiful Arif Komitmen Majukan Eksistensi PWRI Selayar

Dengan jumlah santri yang relatif banyak, Aminuddin tetap berupaya melayani semua santrinya. Namun karena sendirian, maka saya butuh banyak waktu untuk bisa mengajar mereka semuanya.

“Kalau mushaf Al Quran, tersedia cukup, baik Iqra maupun Qur’an besar. Namun papan dan alat tulis, kami juga butuh tambahan agar santri bisa cepat faham jika diajar sambil menunjukkannya dengan tulisan,” papar Aminuddin pada Wabup, dengan Nada Curhat.

BACA JUGA:   Mahasiswa Kedokteran Gigi Unhas Bakal Menggelar Kerja Sosial
Advertisement
Advertisement

“Pernah ada tenaga yang membantu saya namanya Nuril perempuan dari Bonerate, namun hanya beberapa kali datang, kemudian berhenti tanpa diketahui sebabnya,” paparnya pada Wabup yang didampingi Kadis Perkim, Findry, dan Camat Pasi Marannu, Syamsil.

Dari hasil pemantauan, hingga saat ini, TBQ An Nisa yang diasuh Aminuddin belum juga memperoleh bantuan dana dari Anggaran Desa.

Menanggapi kenyataan ini, Kadis Perkim, Findri sarankan agar Aminuddin segera membuat Proposal Permohonan bantuan dana ke Provinsi. “nanti kita bantu carikan jalannya,” papar Findri.

BACA JUGA:   Tiga Jenazah Korban KKB Tiba di Rumah Duka

Wabup juga mengingatkan Camat, agar membantu mengomunikasikan hal ini ke Kadis Pemberdayaan Masyarakat, agar mengarahkan Kades Sambali untuk mengalokasikan sebagian Anggaran Desa untuk menunjang kelancaran pembinaan Santri TBQ Muhammadiyah Sambali.

Sementara itu, Wabup merencanakan Aminuddin didaftar sebagai Guru Baca Tulis Al Quran (BTQ) yang Honornya dianggarkan di Bagian Kesra.

“Sebagai Wakil Ketua Pimpinan Muhammadiyah (PDM) saya juga akan menggali sumber dana dari Muhammadiyah untuk membantu memperlancar pengajaran dan pembinaan Santri TBQ An – Nisa, Sambali,” pungkasnya. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.