Dibuka Wabup, BPS Selayar Laksanakan Rakorda Regsosek

oleh -

SELAYAR, BERITA SELATAN.Com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Selayar melaksanakan Rapat koordinasi daerah (Rakorda) pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022, di Rayhan Royal Room Hotel, Selasa malam, 27 September 2022.

Rakorda Regsosek tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, S.H. Hadir sejumlah unsur forkopimda, para pimpinan OPD, Kepala BPS Selayar Joko Siswanto, Kepala BPS Sulsel diwakili oleh Papintana (Statistisi Ahli madya) serta undangan lainnya.

Dalam Rakorda Regsosek tersebut, BPS Provinsi Sulawesi Selatan memberikan penghargaan kepada Pemda Kepulauan Selayar atas dukungan Pemda dalam pelaksanaan sensus penduduk 2020 Long Form (SP2022 Lanjutan).

Statistisi Ahli Madya BPS Sulsel Papintana mengatakan Regsosek adalah Sistem dan basis data seluruh penduduk, yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan, yang terhubung dengan data induk kependudukan, serta basis data lainnya, hingga tingkat desa/kelurahan.

BACA JUGA:   Bahas Program, TP PKK Selayar Rakor dengan OPD

“Regsosek merupakan basis data terpadu perlindungan sosial dan memberdayakan masyarakan. Dengan data Regsosek, Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah dapat merencanakan program perlindungan sosial,” ucap Papintana.

Sementara Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif menilai bahwa Regsosek adalah bagian dari reformasi sistem perlindungan sosial yang konsepnya dirancang oleh Bappenas sejak tahun 2020. Pemerintah merasakan bahwa pelaksanaan perlindungan sosial perlu perbaikan.

“Bantuan sosial, sebagai bagian dari perlindungan sosial harus disalurkan tepat sasaran pada masyarakat yang betul-betul membutuhkan,” kata Saiful Arif.

Wabup percaya bahwa konsep regsosek dimana Pemerintah Pusat mempercayakan pelaksanaannya kepada BPS Selayar, dengan harapan BPS dapat melaksanakan amanah dan kepercayaan tersebut. “Mari kita dukung bersama BPS dalam menyelesaikan Regsosek,” pinta Saiful Arif.

BACA JUGA:   Peringati Hari Pahlawan, Pemda Selayar Ziarah di TMP dan Tabur Bunga di Laut

Saiful Arif kembali menegaskan bahwa Regsosek adalah pendataan seluruh penduduk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam, mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadaan disailitas, kepemilikan aset, hingga informasi geospasial. Menurutnya, informasi yang konfrehensif ini, memungkinkan Regsosek menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk dan meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah.

Lanjut Wabup, pengetahuan akan peringkat kesejahteraan penduduk membantu pemerintah diberbagai tingkatan dalam menyasar penduduk rentan, miskin, khususnya dalam perlindungan sosial dan tanggap darurat kebencanaan.

BACA JUGA:   Meriahkan Jambore PKK, Gubernur Sudirman Sulaiman Melepas Peserta Gerakan Anti Mager

Mengingat pentingnya pendataan, Wabup meminta camat, lurah dan desa untuk membantu petugas regsosek yang turun ke lapangan pada Tanggal 15 Oktober sampai dengan 14 November 2022.

Sebagai informasi, dalam Rakorda tersebut disajikan pemaparan materi dengan moderator Sekretaris Diskominfo SP Siti Rahmaniah, S.H.

Sementara pemateri yang dihadirkan adalah Kabid Perencanaan dan Pembangunan Manusia Bappelitbangda, Supriadi, S. Sos., M. Si dengan materi Reformasi Sistem Perlindungan Sosial melalui Regsosek, Plt. Kadis Sosial Hj. Satmawati, S. Sos., MAP dengan materi dukungan pemerintah dalam pelaksanaan Regsosek. pemateri lainnya adalah Kepala BPS Selayar Joko Siswanto dengan materi Kolaborasi bersama untuk Regsosek, yang dilanjutkan dengan diskusi menutup Rakorda Regsosek BPS Selayar 2022. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.