Pemda Selayar Laksanakan Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana

oleh -

SELAYAR, BERITA SELATAN.Com – Apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanganan bencana alam dan pengecekan peralatan SAR di Kabupaten Kepulauan Selayar berlangsung di Pelataran Pelabuhan Rauf Rahman Benteng, Jumat, 18 November 2022 pukul 08.00 Wita.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, SH tampak bertindak sebagai pembina Apel, dengan personil Apel terdiri TNI, Polri, Satpol PP, Syahbandar, Basarnal, Tagana, BPBD, Dishub, bersama personil lainnya.

Hadir pula unsur dari forkopimda, sejumlah pimpinan OPD, Organisasi RAPI dan Orari.

Apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanganan bencana alam ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi ancaman bencana alam bydrometeorology dan cuaca ekstrem di Kabupaten Kepulauan Selayar.

BACA JUGA:   Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pemda Selayar Gelar Khitanan Massal

Amanat pimpinan Apel Saiful Arif mengatakan apel gelar pasukan kesiapsiagaan kebencanaan digelar serentak diseluruh jajaran yang bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan seluruh peralatan pengamanan, solidaritas para pemangku kepentingan yang dilibatkan sehingga, sehingga menumbuhkan rasa tenang dan rasa aman, bagi masyarakat dalam menghadapi bencana.

Advertisement

Sebagaimana penyampaian terkait informasi prediksi BMKG Wilayah IV Makassar, yang menyebutkan bahwa perubahan musim dari musim kemarau ke musim penghujan di Sulsel dimulai awal Oktober 2022 dan akan berakhir pada Bulan April 2023. Kondisi ini dapat berpotensi mengakibatkan bencana alam bydrometeorology, yaitu bencana alam yang diakibatkan aktivitas cuaca, seperti banjir, angin puting beliung dan tanah longsor serta bencana alam lainnya.

BACA JUGA:   Terobos Cuaca Buruk, Bupati Selayar-Kemensos Kunjungi Warga Terdampak Banjir
Advertisement
Advertisement

“Potensi bahaya dan ancaman bencana yang semakin komplek ini tidak terlepas dari dampak perubahan iklim dan ulah manusia sendiri. Penanganan bencana yang selalu dinamis dan berdinamika membutuhkan kerja sama yang luas dan sinergitas antara seluruh unsur baik polri, tni, bpbd, basarnas dan instansi terkait, masyarakat dan unsur pendukung lainnya,” kata Saiful Arif.

Advertisement

“Semua itu dilakukan dalam rangka mitigasi risiko dan minimalisasi korban jiwa, kerusakan lingkungan kerugian harta benda dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu pembangunan dapat menghambat nasional oleh itu kesiapan dengan personil dan sarana prasarana dalam penanganan bencana sangat dibutuhkan,” pungkasnya.

BACA JUGA:   TP Sebut Tata Kelola Partai Golkar Selayar Dibawa kendali MBA Patut Dicontoh

Menyikapi hal tersebut, lanjut Saiful Arif, Kabupaten Kepulauan Selayar yang geografis wilayahnya dikelilingi oleh lautan sangat rawan bencana. Dalam menghadapi bencana dibutuhkan sikap, pemikiran dan perilaku tanggao, tangguh sehingga proses internalisasi dan pengetahuan sehingga diharapkan timbulnya kesadaran tidak hanya pada sikap, tetapi juga pada pemikiran dan perilaku sadar bencana.

“Apel kesiapsiagaan ini menjadi elemen penting sebagai bentuk tangguh dalam menghadapi potensi bencana,” ucapnya.

Dalam apel kesiapsiagaan kebencanaan tersebut, selain pemeriksaan pasukan, Wakil Bupati bersama forkopimda juga melaksanakan pemeriksaan peralatan. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.