HUT KSP Berkat ke 54, Andi Makkasau : KSP Berkat Penopang Ekonomi Nasional

oleh -143 views
Ketua KSP Berkat Bulukumba, H Andi Makkasau menyampaikan sambutan pada HUT 54 KSP Berkat.

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat Bulukumba ke 54 tahun 2022, sejumlah doorprize seperti paket umroh, satu unit motor serta sejumlah hadiah menarik lainnya disediakan bagi anggota pemenang undian. Perayaan HUT tersebut dilaksanakan di Aula Hotel Agri Bulukumba, Sabtu, 26 Februari 2022.

Ketua KSP Berkat Bulukumba, H. Andi Makkasau mengatakan, setiap tahunnya disiapkan doorprize bagi anggota melalui undian. Doorprize yang diberikan sebagai bentuk kepedulian KSP Berkat terhadap anggotanya.

“Kami berikan Doorprize menarik sebagai simbol kepedulian KSP Berkat khususnya dalam perayaan HUT KSP Berkat ke 54, yang berdiri sejak 25 Februari 1967,” kata Andi Makkasau yang biasa disapa Karaeng Lompo itu.

Karaeng Lompo mengatakan, ada empat orang yang beruntung berhasi mendapat paket umroh antaranya, Yusmiati, Rita asal Cabang Toraja, Sudarman KSP Berkat Bulukumba dan A Ahmad asal Capem Herlang,

Sementara yang berhasil mendapatkan satu unit motor atas nama Darmawati anggota KSP Berkat Cabang Mare Kabupaten Bone.

Sementara yang berhasil mendapatkan 7 unit Laptop diantaranya, H Hukmidin dari KSP Pusat Bulukumba, Nurhayati Cabang Bantaeng, Badji Dg Burung Capem Takalar, Suriani S Cabang Pare pare, St Maria Cabang Takalar, Noor Rahma Capem Tapalang dan Firman Unit Simpan Pinjam Bulukumba.

BACA JUGA:   Gerakkan Ekonomi Masyarakat, Baznas Salurkan 15 Mesin Jahit dan 4 Paket Alat Perbengkelan

Lanjut Hadiah ketiga berupa televisi Lcd 32 Inci dibawa pulang Bulaweng Cabang Wajo, Sohra Capem Tamalatea, Amel Lapondu Capem Wotu, Rahmatiah Capem Sendana dan Hj Hasniah.

Selain itu hadiah hiburan berupa 7 unit blender, 7 unit kipas angin, 15 unit Rice box, 15 unit Rice cooker dan 7 unit blender serta sejumlah hadiah lainnya.

Selain itu Karaeng Lompo menuturkan bahwa Koperasi khususnya KSP Berkat mempunyai kedudukan yang kuat di dalam sistem perekonomian nasional. Hal tersebut tercantum dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 1.

Pasal tersebut secara inplisit menunjukkan bahwa kedudukan koperasi sangat penting karen merupakan badan usaha berdasarkan asas kekeluargaan sehingga diyakini mampu menopang perekonomian nasional terlebih menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Selanjutnya, kata Karaeng Lompo, dengan adanya koperasi tentu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas lagi. Sebagaimana peran koperasi “tumbuh bersama, berkembang bersama dan sejahtera bersama”.

Usai melakukan pengundian, pihaknya kemudian melanjutkan dengan kegiatan inti yakni melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang masuk sebagai program tahunan yang dilaksanakan bersamaan HUT KSP Berkat.

“Terimakasih juga kami sampaikan kepada bapak dan ibu yang telah bersedia hadir dalam perayaan HUT KSP Berkat dirangkaikan dengan agenda RAT,” tuturnya.

BACA JUGA:   Pakai Kompor Induksi Dapatkan Diskon Tambah Daya 75%, Ini Kelebihannya !!

Perayaan tersebut dihadiri sejumlah anggota KSP Berkat di 35 cabang yang tersebar di seluruh provinsi di Sulawesi dan 41 unit cabang pembantu (capem).

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) yang ditunjuk mewakili Bupati Bulukumba, Muhammad Ali Saleng mengatakan, RAT sangat penting dilaksanakan, tidak hanya sekedar agenda rutin tahunan yang menunjukkan kedinamisan lembaga, tetapi lebih dari itu, sebagai tahapan untuk melihat kinerja para pengurusnya dalam membangun dan memajukan koperasi.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada segenap Pengurus dan Jajaran KSP Berkat, atas dukungannya selama ini memajukan perekonomian masyarakat,” kata Ali Saleng.

“Oleh itu, saya mengharapkan, agar seluruh peserta RAT berpartisipasi aktif pada forum tertinggi dalam koperasi ini,” tambahnya.

Lanjut Ali Saleng, Peningkatan peran dan kegiatan usaha koperasi semakin nampak, dimana pertumbuhan dan peran sektor koperasi dan UMKM di dalam perekonomian nasional terus meningkat, tidak saja karena ketangguhannya dalam menghadapi berbagai kejutan ekonomi, tetapi juga kemampuannya yang lebih besar dalam menyediakan lapangan kerja dan mengatasi masalah kemiskinan.

BACA JUGA:   Tingkatkan SDM, KSP Berkat Bekali Karyawannya Ilmu Pengelolaan Usaha

Olehnya itu, sebagai lembaga ekonomi yang tumbuh di daerah dan mampu melakukan ekspansi yang semakin berkembang dari waktu ke waktu, maka KSP Berkat diharapkan dapat semakin kokoh dan memperkuat fundamental ekonomi daerah kita.

“Di bawah kepemimpinan Ir. H. A. Makkasau M.M, koperasi ini menunjukkan kemajuan yang luar biasa dengan mendirikan puluhan cabang di berbagai wilayah kabupaten kota,” cetusnya.

Tentu kemajuan dan perkembangan dari KSP Berkat juga tidak lepas dari motto organisasi, yaitu “Maju Bersama, Berkembang Bersama, dan Bahagia Bersama”

Motto ini sangat sesuai dengan prinsip koperasi yang mengutamakan kebersamaan, yang dilandasi sikap yang demokratis untuk mencapai tujuan bersama.

“melalui momentum ini, saya mengajak hadirin sekalian untuk untuk senantiasa menjaga nilai-nilai kebersamaan, solidaritas sosial, dan serta penciptaan iklim stabilitas demi kelangsungan pembangunan yang kita rasakan selama ini,” tuturnya.

“kami harap, dengan berkembangnya usaha- usaha ekonomi mikro menengah di daerah dapat lebih memacu dan mengembangkan gairah perekonomian di Kabupaten Bulukumba yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan juga peningkatan Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Bulukumba,” tutupnya. (**)