Humas RSUD Bulukumba : Ini Pelbagai Tips Jika Hendak Donor Darah

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN, Com – Donor Darah merupakan salah satu kegiatan atau aksi kemanusiaan yang cukup mulia. Sebab dengan mendonorkan darah, secara tidak langsung telah membantu orang-orang yang sedang membutuhkan darah, contohnya bagi mereka yang sedang mendapat perawatan medis di rumah sakit.

Dengan kata lain, selain memiliki banyak manfaat bagi tubuh, donor darah akan memberikan efek positif terhadap jalinan hubungan baik antar sesama umat manusia.

BACA JUGA:   Puluhan Ribu Warga Bulukumba ikuti Jalan Santai Road to Porprov

Berikut tips, bagi mereka yang baru pertama kali ingin mendonorkan darahnya.

“Ada beberapa persiapan yang perlu diketahui dan dilakukan sebelum mendonorkan darah agar tidak cemas dan prosesnya dapat berjalan lancar dan aman”, Ungkap Kasubag Humas dan Promkes Rsud H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Gumala Rubiah, Selasa, 18 Juni 2019.

BACA JUGA:   Kapolres Bulukumba Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 44 Personel Polres Bulukumba
Advertisement

Antaranya, pastikan tubuh dalam keadaan sehat atau fit yakni tidak sedang demam dan juga memiliki tekanan darah dan denyut nadi normal. Karena bagaimanapun kondisi tubuh menjadi penunjang utama untuk melakukan donor darah.

Advertisement

Selanjutnya adalah menghindari aktivitas fisik yang berat atau olahraga berat agar tetap dalam kondisi bugar. Terutama harus makan dan minum sebagai sumber energi bagi tubuh.

BACA JUGA:   Lapas Bulukumba Gandeng Balai Latihan Kerja Berikan Pelatihan 40 Warga Binaan

“Dan yang paling penting adalah istirahat yang cukup, karena kalau  kurang tidur akan dinyatakan gugur dan tidak diperbolehkan mendonor”, Tambah Mala sapaan akrabnya.

Diharapkan setelah mengetahui hal – hal tersebut, untuk lebih paham dan mempersiapkan diri agar proses donor darah yang dilakukan dapat berjalan lancar dan aman.(*)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.