Gegara Covid, Realisasi Dana Perimbangan Terhadap 118 Sekolah di Bulukumba Molor

oleh -263 views
Sukwandi Saing

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Sebanyak 118 sekolah di Bulukumba dapat Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dianggarkan tahun ini. Pengerjaan DAK tahun ini sebesar Rp 41.579.424.000.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bulukumba, Sukwandi Saing mengatakan, realisasi bantuan DAK atau dana perimbangan dalam rangka pengembangan infrastruktur di SD dan SMP tahun ini mengalami keterlambatan akibat pandemi.

BACA JUGA:   HUT Bhayangkara, Polres Bulukumba Tabur Bunga di TMP Taccorong

Seharunya pengerjaan dilaksanakan mulai April namun baru bisa direalisasikan Juli yang ditargetkan harus selesai atau rampung Desember mendatang.

“Semua kucuran anggaran ke sekolah baik DAK, DAU dan DID alami keterlambatan. DAK sudah jalan mulai Juli lalu sedangkan DAU dan DID baru bisa direalisasikan September mendatang,” Ungkap Wandi, Kamis, 27 Agustus 2020.

Secara Rinci DAK terbagi empat bidang termasuk SD sebanyak 81 sekolah tersebar di sepuluh kecamatan dengan anggaran Rp22 miliar yang direalisasikan untuk rehabilitasi ruang kelas belajar, rehabilitasi ruang guru, rehabilitasi ruang kantor, pembangunan toilet dan pembangunan UKS.

BACA JUGA:   Maksimalkan Pengawasan Partisipatif di Pilkada, Bawaslu Gandeng Diskominfo

Kemudian tingkat SMP sebanyak 36 sekolah dengan anggaran Rp15.999.421.000 yang direalisasikan untuk pembangunan laboratorium komputer, pembangunan toilet dan rehabilitasi ruang kelas.

Bidang ketiga yakni pembenahan SKB dengan anggaran Rp 2.178.306.000 direalisasikan untuk pengerjaan ruang pembangunan praktik atau pelatihan, pembagunan toilet dan rehabilitasi ruang belajar. Ditambah rehabilitasi ruang belajar dan pembangunan toilet di TK Pembina Rp 423.471.000.

BACA JUGA:   SMPN 9 Gelar Roots Day Gerakan Anti Bullyng

“Anggaran DAK baru baru ini cair sebanyak 40 persen dan tetap target pengerjaan sampai bulan Desember mendatang,” ungkapnya. (*)