Festival Takabonerate Resmi Dibuka oleh Sekda Provinsi Sulsel

oleh -

SELAYAR, BERITA SELATAN.Com – Mengusung tema “Selayar, Selaut, Sebangsa” Festival Taka Bonerate (FTB) kembali digelar tahun ini setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Open ceremony FTB 2022 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel mewakili Gubernur di Taman Pusaka Benteng Selayar, Minggu Malam, 23 Oktober 2022.

“Potensi wisata di daerah tidak akan maksimal jika tidak ada supporting system dari provinsi,” ucap Sekprov Abdul Hayat Gani mengawali sambutan pembukaanya.

Lanjut dikatakan, bentuk support atau dukungan Pemprov Sulsel akan kemajuan pariwisata selayat, pada Tahun 2023 akan diberikan anggaran kurang lebih 19 Milyar untuk Pembangunan Pelabuhan Pattumbukang, dan Subsidi 5 Milyar untuk kelancaran Penerbangan di Bandara Aroeppala selayar.

BACA JUGA:   Wabup Buka Kompetisi Sepakbola di Balang Butung

Hayat Gani berharap dukungan Pemprov Sulsel itu, kedepannya Pariwisata Selayar menjadi salah satu pengungkit kebangkitan ekonomi sulawesi selatan.

Advertisement

Sebelumnya, mewakili Menpraf RI, Dwi Marhen Yono Direktur Pemasaran Nusantara pada arahannya menyebutkan Festival Taka Bonerate ini masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022, sekaligus menjadi salah satu dari 100 agenda wisata Wonderful Indonesia.

Advertisement

“Dalam perjalanan tadi, saya amati Selayar memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa” ucap Dwi Marhem.

Namun berbicara pariwisata, lanjut Dwi, tidak cukup hanya mengandalkan keindahan pantai atau pulau saja, namun kolaborasi paket yang menarik mulai dari seni, budaya, kuliner dan keramah tamahan masyarakat.

BACA JUGA:   Gandeng Dinas PMPTSPTK, BPJS Kesehatan Gelar Media Expo
Advertisement

Untuk itu ia menyarakan kolaborasi dan sinergitas semua pihak termasuk pengembangan dan pengaktifan peran komunitas-komunitas penggiat wisata dan pelaku usaha haruslah lebih ditingkatkan.

Advertisement

“Pariwisata adalah bisnis kebahagian, tadi saya lihat beberapa pelaku usaha senyumnya masih kurang, kalau senyum kita lebar maka dompet wisatawan juga akan terbuka lebar untuk berbelanja, itu PR kita bersama, bagaimana menyambut tamu-tamu wisatawan yang datang ke Kepulauan Selayar ” cetus mantan Kadisparbud Kota Pariaman ini

Berbeda pada tahun-tahun sebelumnya, Festival Taka Bonerate kali ini tidak dilaksanakan di Kawasan Nasional Taka Bonerate, malainkan di tiga Desa yakni Polassi, Tambolongan dan Polassi (Si Bolang), lokasi utamanya ada di Desa Bahuluang.

BACA JUGA:   PMI Selayar Resmi Dilantik, Adnan : Organisasi PMI Tempatnya Membantu Sesama

Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali mengatakan, pemilihan lokasi tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan si Bolang sebagai Desa wisata unggulan yang sangat menarik dikunjungi.

“Hal ini juga merupakan langkah strategis untuk mendorong dan memotivasi desa wisata lainnya untuk berbenah membangun dan mengelola potensi wisata yang ada diwilayahnya” ucap Bupati Basli Ali

Akhir acara opening ceremony Festival Taka Bonerate 2022 menampilkan Ati Kodong dan Ashary yang menambah semarak opening kegiatan ini. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.