Aspirasi AYP, 415 Warga Bulukumba dapat Bantuan Pasang Baru Listrik PLN

oleh -

BULUKUMBA,BERITASELATAN.COM – Anggota komisi VII DPR RI, Andi Yuliani Paris meresmikan Program Bantuan Pasang Baru Listrik (PBPBL) di Kabupaten Bulukumba, kegiatan tersebut dipusatkan di Dusun Campadidie Desa Dampang, Kecamatan Gantarang, Kamis, 9 Maret 2023.

Andi Yuliani Paris menilai program tersebut bertujuan agar kehidupan masyarakat lebih baik dan sejahtera serta yang terpenting dapat menunjang kegiatan belajar anak-anak.

“Bantuan ini kami tujukan kepada masyarakat kurang mampu agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik, penerima bantuan tersebut umumnya warga yang terdaftar di DTKS. terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, program ini terwujud berkat sinergitas DPR RI, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan campur tangan PLN,” ungkap Andi Yuliani Paris kepada wartawan.

Legislator PAN itu mengaku penerima PBPBL di Bulukumba sebanyak 415 rumah tangga. Secara rinci Kecamatan Gantarang sebanyak 127 unit, Kindang 61 unit, Ujung Bulu 125, Rilau Ale 3 unit, Bulukumpa 44 unit, Kajang 5 unit, Herlang 11 unit, Bonto bahari 1 unit dan Ujung Loe sebanyak 38 unit.

BACA JUGA:   PLN UP3 Bulukumba Melaksanakan Gelar Pasukan Program Bantuan Pasang Baru Listrik

“Program sambungan listrik gratis digelontorkan secara keseluruhan kepada 3.861 rumah tangga tidak mampu di 12 kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Yuliani Paris.

Selain itu, Andi Yuliani Paris pun turut mengapresiasi transformasi layanan PLN yang sekarang jauh lebih baik. “Dengan adanya aplikasi PLN Mobile, kini PLN sudah canggih dan layanan lebih cepat. Silahkan masyarakat menggunakan PLN Mobile apabila ada kebutuhan terkait listrik.

Advertisement

Diketahui, program BPBL merupakan aspirasi dari Komisi VII DPR RI melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM.

Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf mengatakan atas nama Pemerintah Bulukumba, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia yang telah memprogramkan Bantuan Pasang Baru Listrik sebanyak 415 rumah tangga penerima di Kabupaten Bulukumba yang tersebar di 10 kecamatan.

BACA JUGA:   Peringati Maulid, Kalapas Bulukumba Ajak Warga Binaan Teladani Nabi

“Kita berharap dengan bantuan pasang baru listrik ini, 415 rumah tangga yang menjadi pelanggan baru, akan merubah kehidupannya menjadi lebih baik,” ungkap Wabup.

Selain itu, dengan pemasangan baru jaringan listrik ini, maka akan menghindari terjadinya kasus korsleting arus pendek bagi rumah sehingga berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran.

Advertisement

Pasokan listrik yang memadai sangat penting artinya bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat, terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat, penyediaan lapangan kerja dan pencerdasan kehidupan bangsa.

“Karenanya upaya pemenuhan kebutuhan pasokan listrik yang memadai baik dari segi kapasitas maupun kualitas akan kita dukung dan dorong bersama untuk mewujudkannya.
Hari ini adalah tentu menjadi hari yang sangat spesial bagi warga yang menjadi pelanggan baru, oleh karena aliran listrik PLN sudah bisa dinikmati dengan aman dan nyaman,” kata Wabup.

Sementara, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin menegaskan PLN siap mendukung dan melaksanakan penugasan pemerintah.

BACA JUGA:   Lagi, RSUD Andi Sulthan Dg Radja dan Disdukcapil Fasilitasi Pasien Perekaman e-KTP

“PLN optimis hadirnya listrik dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat serta membantu anak-anak dalam belajar mengingat kebutuhan listrik merupakan hal yang utama sekarang ini,” ungkap Andy.

Salah seorang warga yang berdomisili di Dusun Campadidie Desa Dampang, Atifa turut merasakan kebahagiaan dan manfaat dari program Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) dari pemerintah.

Sebelumnya, ia mengaku selama ini hanya menyambung listrik dari tetangganya.

“Terima kasih kepada pemerintah dan ibu Andi Yuliani Paris serta PLN. Alhamdulillah di rumah kami sekarang sudah ada listrik sendiri,” tutup Atifa.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Bulukumba Hj Nuraidah dan Supriadi Fraksi PAN, Manager PLN UP3 Bulukumba Danang Setiawan, para penerima BPBL dan tokoh masyarakat. (**)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.