Sekda Selayar Minta Masyarakat Sama sama Laksanakan Idul Adha dengan Aman dan Lancar

oleh -

SELAYAR, BERITA SELATAN.Com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Selayar Drs. Mesdiyono, M. Ec. Dev mengimbau kepada umat muslim untuk tidak mempermasalahkan pelaksanaan Sholat Idul Adha 1443 H Tahun 2022 Masehi.

Meskipun terjadi perbedaan pelaksanaannya antara versi pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) dan versi Muhammadiyah.

Mesdiyono mengajak untuk sama-sama melaksanakan shalat Idul Adha, walaupun terjadi perbedaan hari pelaksanaan, dengan harapan ibadah Idul Adha berjalan sukses, aman dan lancar.

Hal ini dikemukakan Sekda Kepulauan Selayar pada rapat pembahasan pelaksanaan hari raya Idul Adha 1443 H/2022 M di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Senin sore, 4 Juli 2022.

BACA JUGA:   Meriahkan Jambore PKK, Gubernur Sudirman Sulaiman Melepas Peserta Gerakan Anti Mager

Dalam rapat itu terungkap, jemaah versi Muhammadiyah akan lebih awal melaksanakan Sholat Idul Adha tepatnya 9 Juli yang dipusatkan Taman Pelangi Benteng. Sedangkan untuk jemaah versi Pemerintah akan Sholat Idul Adha pada 10 Juli di Lapangan Pemuda Benteng.

Advertisement

“Untuk teknis pelaksanaannya, kita serahkan kepada masing-masing panitia, baik pemerintah maupun Muhammadiyah,” ucap Mesdiyono.

BACA JUGA:   Jemaah Haji Selayar Kini Tiba di Asrama Haji Sudiang

Jika cuaca tidak mendukung, sebagai alternatif pelaksanaannya ditempatkan di Mesjid Agung Al-Umaraini Benteng.

Advertisement

Dalam pertemuan tersebut hadir pula para Asisten, Kepala Kemenag Selayar Aswar Badulu, Staf Ahli Bidang Kesra, sejumlah pimpinan OPD terkait, PHBI, pimpinan Muhammadiyah, unsur dari Rutan Selayar serta undangan lain.

Sebagai informasi, hari raya Idul Adha ditetapkan berdasarkan hasil sidang isbat Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

BACA JUGA:   Diskominfo SP Selayar Gelar FGD Penyusunan Perbup Arsitektur SPBE

Kemenag menetapkan 1 Zulhijah 1443 Hijriyah jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022 lalu.

Jika dihitung, maka Hari Raya Idul Adha 1443 H akan dilaksanakan pada Minggu, 10 Juli 2022.

“Sidang isbat telah mengambil kesepakatan bahwa tanggal 1 Zulhijah tahun 1443 Hijriah ditetapkan jatuh pada Jumat tanggal 1 Juli 2022,” tutur Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa’adi, usai memimpin Sidang Isbat Awal Zulhijah, di Jakarta, Rabu, 29 Juni 2022 lalu, dikutip dari laman Kemenag. (**)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.