Rapat Paripurna, DPRD-Pemda Bulukumba Tetapkan APBD Tahun 2023

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba melaksanakan rapat Paripurna. Rapat tersebut dilaksanakan dengan tiga agenda yang berlangsung di ruang Rapat Paripurna, Rabu malam, 30 November 2022.

Tiga agenda tersebut adalah penetapan Propemperda Bulukumba Tahun Anggaran 2023, Pendapat Akhir Fraksi atas Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2023 dan Persetujuan Bersama atas Penetapan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Bulukumba Tahun Anggaran 2023.

Dihadiri Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, Wabup Andi Edy Manaf, Sekda Bulukumba, Forkopimda dan para kepala OPD.

Rapat Paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD Kab. Bulukumba, H. Rijal, S.Sos didampingi Wakil Ketua DPRD Kab. Bulukumba, Dra. Hj. Aminah Syam, M.Kes dan H. Patudangi, S.Sos.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf mengatakan, momentum ini, menjadi catatan tersendiri bagi Pemerintah Daerah, oleh karena secara bersama-sama dengan Dewan yang Terhormat dapat melewati masa-masa krusial dalam tahapan penganggaran ini.

BACA JUGA:   Kreatif, Pemuda Sarajoko Mengenang Pejuang RI Melalui Pementasan Drama Kolosal

“sehingga kita dapat menyelesaikan tahapan pembahasan RAPBD secara tepat waktu dengan berbagai dinamika yang terjadi di dalamnya,” ungkap Bupati.

Tentu ini sebuah kemajuan bagi hubungan DPRD dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba, oleh karena dua agenda Ranperda terkait penganggaran sebelumnya gagal disepakati bersama.

Advertisement

“Sehingga dengan demikian, capaian ini patut kita syukuri bersama bahwa dengan dukungan dan jiwa besar dari saudara-saudaraku anggota dewan yang terhormat, kita bisa secara bersama-sama menyelesaikan tahapan akhir penyusunan APBD tahun anggaran 2023 ini,” ungkapnya.

Belajar dari dinamika sebelumnya, penganggaran untuk tahun 2023 cukup menguras energi kita semua, oleh karena proses pembahasannya sangat alot, baik di tingkat komisi, maupun di tingkat badan anggaran.

Advertisement

Dengan demikian, sinergitas yang terbangun dalam kerangka hubungan kelembagaan ini diharapkan memberikan legitimasi terhadap arah kebijakan pembangunan daerah tahun anggaran 2023 sebagai tahun kedua dari pelaksanaan program Visi dan Misi pemerintah daerah periode ini.

BACA JUGA:   Ketua DPC PDIP Bulukumba : Harlah Pancasila Sebagai Momentum Pererat Persatuan

“Kebijakan yang diorientasikan dalam program dan kegiatan APBD Tahun 2023, diharapkan memberikan dampak nyata khususnya dalam mendukung akselerasi Pembangunan Daerah sehingga target dan indikator kinerja yang kita tetapkan dapat tercapai sebagaimana yang kita harapkan,” tuturnya.

“saya juga mengapresiasi kinerja Dewan yang Terhormat, yang telah bekerja optimal sehingga pada hari ini kita berada pada tahapan akhir penyusunan Ranperda APBD, sebagai bentuk implementasi tugas dan fungsi lembaga DPRD yaitu legislasi, penganggaran, maupun pengawasan,” cetusnya.

Advertisement

“Olehnya itu, selain Badan Anggaran dan Komisi-Komisi yang telah membahas RAPBD, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Badan Musyawarah DPRD yang telah menyusun jadwal tahapan pembahasan RAPBD, meski harus melakukan perubahan jadwal. tak lupa saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan jajaran perangkat daerah yang telah mencurahkan waktu dan bekerja secara maksimal, mulai dari proses penyusunan, pembahasan, sampai pada tahapan persetujuan ini,” tambah Bupati.

BACA JUGA:   Wasit PPDI Cup Sebut ada Tim Tidak Diandalkan Masuk Semifinal, Manajer JOIN: Berarti Ada Club Andalannya Wasit

Olehnya itu, kami memohon kiranya apa yang menjadi niat baik dalam rangka melaksanakan segala kebijakan untuk kepentingan pembangunan di Kabupaten Bulukumba akan senantiasa mendapat dukungan dari DPRD dan seluruh stakeholder di Kabupaten Bulukumba.

Sementara, Ketua DPRD Kab. Bulukumba, H. Rijal mengatakan, proses pembahasan Ranperda Bulukumba tentang APBD Tahun Anggaran 2023 tentunya dilandasi semangat dan tanggung jawab kepada masyarakat Bulukumba untuk menghasilkan produk hukum yang berkualitas dan pro terhadap rakyat.

“Penetapan Ranperda APBD Tahun Anggaran 2023 ini akan menjadi salah satu produk hukum yang menjadi landasan pelaksanaan pembangunan daerah Bulukumba tahun 2023 mendatang,” ungkap H. Rijal,S.Sos.

Dalam pendapat akhir Fraksi masing-masing di bacakan oleh juru bicara fraksi, H. Syamsir Paro, S.Sos (F-PAN), A. Muhammad Ahyar, SE (F-Bintang Keadilan), Fahidin HDK (F-PKB), Ahmad Akbar, SH (F-PPP), Abdul Hakim, A.Md.Pi (F-Gerindra), Juandy Tandeang (F-Golkar), H. Muh. Tamrin (F-Nasdem), Zulkifli Saiye, S.Pi (F-Demokrasi Indonesia). (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.