Perayaan HUT KKSS ke 46 Bakal Dimeriahkan Sejumlah Kegiatan

oleh -
Ketua KKSS Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Ali Mardana.

JAKARTA, BERITA SELATAN.Com – Perayaan Hari Ulang Tahun Ke-46 Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) 12 November 2022 menjadi istimewa mengingat dua tahun lamanya kita dibekap Covid 19 sehingga seluruh kegiatan tidak dapat dilakukan dengan tatap muka melainkan secara daring dan itu pun sesekali digelar hibrida.

Lantaran Covid-19 menuju endemi, sehingga selama setahun terakhir KKSS kerap menggelar acara secara luring.

Itulah sebabnya momentum peringatan HUT ke-46 KKSS mengusung tema “KKSS Bersatu Untuk Negeri’. Tema ini merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah perantau dan diaspora Bugis Makassar dalam menghadapi berbagai tantangan untuk bersatu membangun negeri demi kemajuan bangsa.

Ketua KKSS Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, Ali Mardana mengatakan, HUT KKSS akan jadi spirit bagi para perantau untuk tetap menjaga kebersamaan dan persatuan sipakatau sipakainge sikaleppi.

BACA JUGA:   Ini Cerita Nelayan Saksi Sriwijaya Air Jatuh

Sesuai dengan tema yang diusung, KKSS Bersatu untuk Negeri merupakan wadah untuk lebih memperkuat silaturahmi antara seluruh pengurus KKSS.

Advertisement

“Perayaan HUT KKSS nanti bakal dilakukan semeriah mungkin dengan sejumlah perhelatan,” kata Ali Mardana.

Sementara, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat KKSS Muchlis Patahna dalam arahannya pada setiap rapat panitia selalu mengingatkan pentingnya silaturahmi karena dengan begitu, kita akan saling Sipakatau, Sipainge dan Sipakalebbi sehingga setiap niat baik untuk melakukan kegiatan selalu dimudahkan.

Advertisement

Karenanya, Muchlis meminta kepada seluruh warga KKSS dalam maupun luar negeri dan semua Pilar KKSS ikut meramaikan HUT ke-46 KKSS dengan semangat dan kreatifitas.

Sementara Ketua Panitia Peringatan HUT ke-46 KKSS juga selaku Bendahara Umum BPP KKSS Sri Asri Wulandari mengungkapkan, gelaran HUT ke-46 KKSS akan lebih berwarna karena akan diselenggarakan berbagai kegiatan yang akan melibatkan BPW, BPWLN, Pilar dimana pengurus KKSS dan Pilar juga akan mengambil peran sebagai pengisi acara seperti fashion week baik dengan busana adat, modern maupun tradisional pada malam puncak dan penganugerahan sejumlah penghargaan.

BACA JUGA:   Inacraft 2023, Dekranasda Bawa 5 Pengrajin Bulukumba
Advertisement

Selengkapnya rangkaian HUT adalah Etnik Sulawesi Selatan Competition & Expo Kuliner : Lomba Busana Adat, Kecapi dan Vocal Group dan Solo serta Expo Kuliner Sulawesi Selatan akan dihelat di Ballroom Bellagio Mall – Kuningan Jakarta, 5 November 2022.

Advertisement

Pertemuan Cendekiawan Bugis Makassar (PSBM) II, bakal membahas budaya Sulawesi Selatan dan sejarah Islam, 7 November di Balai Perpustakaan Nasional Jakarta.

Kegiatan lanjutan adalah pertandingan Futsal dan Domino, 5-6 November di Maestro Kemayoran Jakarta, Senam KKSS dan Donor Darah: Senam KKSS dan Donor Darah akan melibatkan kurang lebih 1000 warga KKSS dan Pilar KKSS yang akan digelar 12 November, pukul 07.00 di pelataran Monas Jakarta bekerjasama dengan PMI.

BACA JUGA:   Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri

Sampai kepada malam puncak dan penganugerahan akan disemarakkan dengan fashion week dan pertunjukan seni pada 12 November, pukul 19.00 di Ballroom Hotel Kartika Candra.

Bakal hadir Ketua Dewan Kehormatan KKSS HM. Yusuf Kalla, Ketua Dewan Pembina HM. Aksa Mahmud, Ketua Umum KKSS, tokoh-tokoh Sulawesi Selatan, anggota DPR/DPD, Menteri Pertanian, Gubernur Sulawesi Selatan, Pejabat Polri asal Sulawesi serta pejabat birokrasi dipemerintahan, Dewan Pengurus dan Anggota serta Seluruh Ketua Umum Pilar KKSS dan warga KKSS.

Rangkaian HUT ke-46 KKSS ditutup dengan turnamen Golf pada Minggu, 13 November pukul 06.00 di Senayan Golf Jakarta. (**)