Pengawas Pemilu Diharap Kabarkan Hasil Pengawasan ke Masyarakat

oleh -

BULUKUMBA,BERITASELATAN.COM – Jajaran pengawas pemilu diharap dapat mengabarkan hasil pengawasan ke masyarakat. Bawaslu menyadari peran media cukup penting dalam hal penyampaian informasi terkait kepemiluan, hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Sulsel Mardiana Rusli saat memberikan arahan pada Fasilitasi Pelatihan Pemberitaan Positif di Media yang dilaksanakan Bawaslu Bulukumba, Sabtu, 6 April 2024.

Menurut mantan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar ini, “Bawaslu tampaknya tidak cukup luas menyampaikan informasi, butuh perpanjangan tangan media. Disinilah peran pengawas pemilu agar dapat menuliskan lalu mengabarkan hasil pengawasan yang dilakukan melalui mediaā€¯. Institusi Bawaslu sebagaimana diamanatkan Undang-undang Pemilu memiliki tugas untuk mengawasi seluruh tahapan proses penyelenggaraan pemilu, hasilpengawasan tersebut yang harus disampaikan kemasyarakat, sehingga media dapat menerjemahkan apa yang menjadi keputusan Bawaslu terkait apa yang diinginkan public”, papar mantan Direktur Netfid JaDI Sulsel ini menambahkan.

BACA JUGA:   BAZNAS Bantu Warga Sulbar yang mengungsi di Bonto Bahari
Advertisement

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Bulukumba Bakri Abubakar berharap setiap hasil pengawasan yang telah dilakukan dapat terkabarkan ke masyarakat, karena hal itu merupakan pertaruhan wajah kelembagaan dalam mempertanggungjawabkan kerja pengawasan yang telah dilakukan selama ini.

Advertisement

“Sebaik apapun kerja pengawasan yang dilakukan, hanya akan menjadi catatan keringat di internal Bawaslu jika itu tidak diwartakan, tidak akan menjadi catatan sejarah yang diketahui oleh publik,” jelasnya.

BACA JUGA:   Guru Mengaji dan Imam Masjid di Herlang Terima Insentif

Bawaslu itu adalah rumah besar, jajaran harus hadir memastikan rumah itu tetap hidup, nyaman dikunjungi oleh banyak orang, karena informasi yang dikelola didalam rumah tersebut benar dan akurat, urainya.

Pada Fasilitasi Pelatihan Pemberitaan Positif di Media yang dilaksanakan Bawaslu Bulukumba itu hadir sebagai Narasumber Pimpinan Redaksi Radar Selatan, Sunarti Sain dan Jurnalis Metro TV, Ifa Musdalifa. (*)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.