Pasca Lebaran, Jumlah Pasien PDP Bulukumba Nol

oleh -1.081 views
HM. Daud Kahal

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com -Mencermati data Info Covid-19 yang dilansir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bulukumba pertanggal 26 Mei 2020, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 31 orang. Dari 31 orang tersebut 27 orang sudah sembuh dan 4 diantaranya meninggal dunia.

Dari keterangan yang dicantumkan dalam Info Covid-19 tersebut, jumlah PDP yang Dirawat dan Isolasi Mandiri menunjukkan angka 0 (nol). Empat PDP yang meninggal berasal dari Kecamatan Gantarang, Ujungloe, Rilau Ale dan Bulukumpa. Adapun hasil pemeriksaan Swab keempat pasien PDP yang meninggal itu pun dinyatakan negatif Covid-19.

Data ini dibenarkan oleh Jubir Covid-19 Bulukumba HM Daud Kahal. “Iya benar jumlah pasien PDP Bulukumba sudah tidak ada. Sebelumnya ada 1 orang yang dirawat tapi sudah sembuh atau hasil Swabnya negatif,” imbuhnya.

BACA JUGA:   Gandeng Karang Taruna Balleanging, Sahabat TSY Bantu Korban Gempa

Namun demikian ke depannya, lanjut Daud, sesuai Surat Edaran Gubernur tentang Alur Rujukan Penanganan Pasien Covid-19 di Sulawesi Selatan bahwa saat ini Puskesmas hanya melakukan pemantauan dan penanganan Covid-19 kategori OTG (Orang Tanpa Gejala) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan) serta melakukan Rapid Test dan pengambilan Swab untuk tes PCR.

Jika gejala OTG dan ODP semakin berat (menjadi PDP) maka Puskesmas merujuk pasien ke Rumah Sakit (RS) Penyanggah Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu RS Sayang Rakyat, RSKD Dadi atau RSUD Daya Makassar.

BACA JUGA:   Selain Koffee Sanrego, ini Menu Andalan di Warkop Sanrego

Demikian pula jika RS Non Penyanggah seperti RSUD Andi Sulthan Daeng Radja menerima pasien ODP atau PDP yang indikasi untuk rawat inap maka pasien tersebut dirujuk ke RS Penyanggah Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain data PDP, saat ini jumlah ODP di Bulukumba sebanyak 218 orang, 211 orang sudah sembuh dan 7 orang masih dalam pemantauan. OTG sebanyak 184 orang, masih dipantau 71 orang, selesai dipantau 113 orang. Sedangkan Positif Covid-19 sebanyak 10 orang, 5 orang diantaranya sudah sembuh. (*)