Optimalkan Pelayanan, Disdukcapil Bulukumba Gandeng Rekanan Distribusikan Dokumen Kependudukan

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bulukumba menggelar sosialisasi sekaligus launching program Pelayanan Dokumen Kependudukan Secara Daring Dimasa Pandemi Covid-19, di Pendopo Rujab Bupati, Senin, 9 Agustus 2021.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf menyebutkan pelaksanaan sosialisasi ini sangat penting dilakukan terkait dalam rangka mengoptimalisasi pelayanan dokumen kependudukan berbasis online terutama di masa pandemi saat ini.

Bupati menyampaikan perlunya dukungan seluruh jajaran pemerintah tingkat kecamatan, desa dan kelurahan, sebab dokumen kependudukan itu sendiri adalah hak dari setiap warga negara untuk mendapatkan dan diberikan pelayanan.

BACA JUGA:   Pilkades di Bulukumba Tuntas, Kadis PMD: Cakades Terpilih Dilantik Desember

“inilah sebabnya pemerintah mengeluarkan kebijakan pelayanan administrasi kependudukan secara daring, baik itu layanan KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya,” ungkap Andi Utta sapaannya.

Bupati juga mengungkapkan bahwa warga yang akan mengurus dokumen Kependudukan tidak perlu lagi berkali-kali mendatangi Kantor Disdukcapil, akan tetapi cukup mengirim berkas secara online melalui aplikasi whatsapp, serta jika berkas atau dokumen yang telah dikirim, maka akan diberitahukan untuk mengambil dokumen tersebut. Bahkan, kata Bupati, dokumen tersebut bisa diantarkan ke rumah yang bersangkutan melalui kerjasama dengan pihak jasa antar dalam hal ini melalui PT. Solusi Transportasi.

BACA JUGA:   Gunakan Bibit Caherang, Panen di Bulukumba Capai 7,5 Hingga 8 Ton/Ha
Advertisement

“dengan pelayanan online ini, warga tidak perlu datang berkali-kali, sehingga tentu sangat memudahkan warga serta menghindari warga dari kerumunan yang bisa menyebabkan penularan covid-19,” terang Bupati.

Advertisement

Selain itu, Bupati mengapresiasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil terhadap inovasi dan terobosannya serta kepada PT. Solusi Transportasi sebagai mitra jasa antar dalam pendistribusian dokumen kependudukan di Kabupaten Bulukumba.

“Selain Memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen, Kerjasama dengan pihak jasa antar ini juga membantu usaha masyarakat di bidang jasa antar dan jasa transportasi ditengah kondisi ekonomi yang sulit akibat wabah pandemi covid-19,” ucapnya.

BACA JUGA:   Kapolres Hadiri Pembukaan Kejuaraan Karate Internal Inkanas Bulukumba

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Bupati Bulukumba H. A. Muchtar Ali Yusuf, Wabup H. A. Edy Manaf, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Andi Mulyati Nur, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Ahmad Arfan, para Camat, para Lurah se-Kecamatan Ujung Bulu, serta Pimpinan dan Jajaran PT. Solusi Transportasi. (**)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.