Kenalkan Literasi Sejak Dini, Murid TK Ikuti Terong Pustaka

oleh -
Puluhan murid Taman Kanak-kanak (TK) Al-Uswah Ujungbulu mengikuti terong pustaka yang berada di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bulukumba.

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Puluhan murid Taman Kanak-kanak (TK) Al-Uswah Ujungbulu mengunjungi Perpustakaan Daerah yang berada di lokasi Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Kunjungan ini bukan hanya untuk memperkenalkan dunia perpustakaan sejak dini, namun juga murid-murid TK diberikan pengalaman mendengar cerita dongeng yang difasilitasi oleh jajaran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bulukumba melalui program Teras Dongeng (Terong) Pustaka.

Selama dua hari, TK Al Uswah yang didampingi beberapa gurunya mengikuti Terong Pustaka di halaman depan Perpustakaan Daerah, Rabu-Kamis, 9-10 Maret 2022.

BACA JUGA:   Tingkatkan Minat Baca, Dinas Pendidikan Bulukumba Gelar FGD

Sebagaimana disampaikan Kepala Bidang Perpustakaan, A. Eliz Indayani bahwa kegiatan luar ruang ini terinspirasi dari kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Advertisement

“Kami mengundang anak anak TK untuk memberikan pengenalan literasi pada usia dini,” kata Eliz.

Adapun rangkaian kegiatan dari Terong Pustaka, lanjutnya adalah menyiapkan buku bacaan anak di teras halaman perpustakaan sehingga murid murid menikmati buku yang disajikan.

BACA JUGA:   Buruan, STAI Imam Bukhori Bulukumba Berbasis Bahasa Arab, Tahfidz dan Teknologi Mulai Buka Pendaftaran

Setelah itu, dilanjutkan dengan mendengarkan dongeng yang dikemas dalam bentuk atraktif untuk menghilangkan kebosanan murid-murid TK.

Advertisement

Kegiatan terakhir adalah wisata pustaka, dimana murid-murid dipersilahkan masuk ke perpustakaan untuk mengenal lebih dekat dunia perpustakaan.

“Jadi murid TK itu dikenalkan lebih dini seperti apa perpustakaan itu. Yang biasanya baru dikenal di bangku SD dan SMP,” tuturnya.

BACA JUGA:   Yuk Buruan ! Universitas Muhammadiyah Bulukumba Membuka Pendaftaran Maba

Untuk diketahui Terong Pustaka ini dilakukan sejak tahun 2021 sebagai bentuk transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Atas inovasi ini, Terong Pustaka juga masuk dalam penilaian perpustakaan terbaik.

Eliz menambahkan, bahwa pihaknya akan terus melanjutkan kegiatan Terong Pustaka dengan mengundang taman kanak-kanak lainnya secara bergilir. (**)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.