Kapolda Sulsel Canangkan Vaksinasi Murid Usia 6 tahun di SDN 24 Salemba

oleh -

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Nana Sudjana untuk pertama kalinya melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bulukumba.

Dalam kunjungannya, Kapolda melakukan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 untuk kalangan murid Usia 6 sampai 11 tahun di SD Negeri 24 Salemba Kecamatan Ujungbulu, Selasa 25 Januari 2022.

Pencanangan ditandai dengan pelepasan balon oleh Kapolda Irjen Pol Nana Sudjana didampingi Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf bersama jajaran Forkopimda.

Bupati Muchtar Ali Yusuf dalam sambutannya menyampaikan sebuah kehormatan dan kebanggaan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba, oleh karena Bapak Kapolda Sulawesi Selatan, dapat berkunjung di Kabupaten Bulukumba.

Dikatakan upaya menggenjot capaian target vaksinasi di seluruh desa/kelurahan masih terus dilakukan bersama dengan jajaran TNI Polri
untuk mewujudkan Herd Immunity.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras
semua pihak yang terlibat, capaian vaksinasi di Kabupaten Bulukumba sudah mencapai 71,98 persen dan kita menargetkan akhir bulan Februari nanti dapat mendekati angka 100 persen,” akunya.

Apalagi dengan masuknya varian
Omicron di Indonesia, lanjut Andi Utta sapaan akrabnya, tentu harus
memaksimalkan vaksinasi untuk melindungi masyarakat, termasuk dengan mulai melaksanakan vaksinasi bagi siswa usia 6 tahun ke atas.

BACA JUGA:   Kades Mattirowalie Serahkan BLT Tahap Dua Kepada 22 KPM

Dijelaskan beberapa langkah strategi yang dilakukan untuk meningkatkan perlindungan dan capaian vaksinasi Covid, diantaranya melakukan Gerebek Vaksinasi secara door to door di rumah warga untuk vaksin di tempat.

Advertisement

Awalnya Satgas Covid terkendala
dengan penginputan data vaksinasi karena adanya inputan nomor NIK warga yang bermasalah.

Namun dengan sinergitas antara
pemerintah, Polri dan TNI, maka
proses penginputan sudah berjalan lancar dengan membuat Pusat Penginputan Data yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan,
Dinas Dukcapil bersama personil
kepolisian dan TNI.

“Intinya pencapaian kita saat ini
merupakan hasil dari kolaborasi berbagai pihak yang terlibat, khususnya peran dari kepolisian dan TNI,” kuncinya.

Advertisement

Sementara itu, Kapolda Irjen Pol Nana Sudjana diawal sambutannya memberikan kepada para tenaga kesehatan yang selama ini selalu bersama-sama masyarakat dalam rangka melaksanakan vaksinasi maupun dalam rangka penyembuhan masyarakat kita yang terkonfirmasi positif yang sering selama ini disebut sebagai pejuang ataupun pahlawan kemanusiaan.

BACA JUGA:   Zulkifli Sayye Reses di Dua Lokasi di Kelurahan Bintarore

“Suatu kebahagiaan bagi saya bisa bersama-sama kita bertatap muka juga dalam rangka silaturahmi kami di Kabupaten Bulukumba ini kemudian kunjungan kami dari samping memang rencana kunjungan ke polres Bulukumba itu dalam rangka silaturahmi dengan Forkopimda dan tokoh agama tokoh masyarakat yang ada di Bulukumba,” ungkapnya.

Advertisement

Kunkernya sebut Nana Sudjana dalam rangka melihat sejauh mana perkembangan maupun pelaksanaan vaksinasi di Bulukumba.

“Kita tentunya mensyukuri bahwa sampai saat ini perkembangan di Sulawesi Selatan masih dapat kita kendalikan artinya bahwa kita masih mampu mengendalikan penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Advertisement

Meski demikian, pihaknya meminta semua tetap waspada karena bisa saja ada penambahan kasus terutama setelah adanya varian Omicron dan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi.

Hampir kurang lebih 180 negara, tambahnya sudah kemasukan Omicron ini dan salah satunya adalah Indonesia. Secara nasional Omicron di Indonesia ini terus meningkat dan saat ini sudah mencapai 852 kasus.

BACA JUGA:   Lapas Bulukumba Buka Kunjungan Tatap Muka

Disebutkan ada 3 kunci upaya pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 yang pertama adalah penegakan disiplin protokol kesehatan yang selama ini kita sebut dengan 5M, yang kedua bagaimana kita penguatan terhadap 3T yaitu Testing, Tracing dan Treatment dan yang ketiga adalah menggenjot vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kekebalan kelompok.

Di akhir sambutan Irjen Pol. Nana Sudjana, As memerintahkan Kabiddokkes Polda Sulsel untuk menyalurkan vaksin Sinovac untuk Bulukumba.

Diketahui jumlah vaksin yang disiapkan untuk siswa usia 6 sampai 11 tahun ini sebanyak 120 ribu dosis vaksin Sinovac.

Dosis yang diberikan kepada siswa sama dengan dosis vaksin yang diberikan kepada orang dewasa.

Dalam kegiatan pencanangan Kapolda Nana Sudjana, juga menyerahkan bingkisan kepada guru, tenaga kesehatan dan murid sekolah dasar dan selanjutnya melakukan pemantauan vaksinasi yang diantaranya merupakan dua putri Kapolres Bulukumba AKBP Suryono Ridho Murtedjo,S.IK., M.Si.

Kedua anak Kapolres adalah Atifah Mairin Kinanti yang duduk di bangku kelas 2 SD dan Adela Ismi Bintari duduk di kelas 3 SD. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.