Kadiskominfo Selayar Akui Pembangunan Jaringan Bergerak Seluler Tak Ada Kendala

oleh -
Kepala Dinas Kominfo SP Selayar, Andi Imran, S. Sos.

SELAYAR, BERITA SELATAN.Com – Kepala Dinas Kominfo SP Andi Imran, S. Sos sebut bahwa menyangkut persoalan infrastruktur pembangunan jaringan bergerak seluler di desa 3435 non 3T tidak menemui kendala. Hal tersebut merupakan komitmen pembangunan jaringan di desa 3435 non 3T di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pada tahun 2022 ini kata Andi Imran akan dibangun 30 Base Transceiver Station (BTS) di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Untuk lahan kami sudah berkomitmen mulai dari pemerintah kabupaten, kecamatan, desa, dan BPD untuk memberikan dukungan penyediaan lahan yang akan dianggarkan melalui APB Desa,” kata Andi Imran di ruang kerjanya saat mengikuti rapat pembahasan solusi permasalahan komitmen pembangunan jaringan di desa 3435 non 3T bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika melaui Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika, Rabu, 30 Maret 2022.

BACA JUGA:   15 Ramadan, Wabup Selayar Launching Pasar Murah

Selain itu kata Andi Imran akan memanfaatkan tanah milik pemerintah kabupaten yang ada di desa-desa.

Advertisement

Terkait dengan rencana pembangunan jaringan bergerak seluler di desa 3435 non 3T diwilayah Kecamatan Takabonerate, seperti di Desa Tarupa, Desa khusus Pasitallu dan Desa Jinato, sudah ada pertimbangan teknis dari pihak Balai Taman Nasional Takabonerate yang akan dibawa oleh operator seluler ke kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Andi Imran menuturkan untuk titik penempatan Base Transceiver Station (BTS) akan ditempatkan diluar zona konservasi Taman Nasional Takabonerate.

BACA JUGA:   Verifikasi Lapangan KLA, Wabup Saiful Arif Sebut Anak adalah Modal Pembangunan
Advertisement

Dari 30 Base Transceiver Station yang akan dibangun diwilayah Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Imran memaparkan bahwa ada lima titik yang akan dipindahkan ke tempat lain dengan pertimbangan tidak tetap sasaran dan nantinya akan mubazzir. Pasalnya lima titik tersebut berdekatan dengan BTS lainnya.

“Kami telah bersurat ke Kementerian Kominfo melalui Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika cq Direktur Telekomunikasi perihal permohonan pemindahan titik lokasi penguatan jaringan seluler,” terangnya.

BACA JUGA:   Ada 30 Desa di Daratan Selayar Jadi Sasaran Pendataan Kelistrikan

Sejauh ini lanjut Andi Imran yang akrab disapa Imran Cona menyebutkan bahwa dari hasil pendataan Diskominfo SP masih ada 67 dusun di Kabupaten Kepulauan Selayar yang mengalami blank spot untuk jaringan seluler. Olehnya itu ia meminta kepada pihak Kementerian Kominfo untuk penguatan jaringan seluler di daerah ini.

Dalam rapat yang dilaksanakan melalui zoom meeting itu, Kadis Kominfo didampingi oleh Sekretaris Dinas Kominfo SP Siti Rahmania, bersama Kabid Aptika Marzuki Adam. (**)

Advertisement

No More Posts Available.

No more pages to load.