Jelang Ramadan, BazNas Bulukumba Gelar Bimtek dan Pelatihan ZIS

oleh -
Ketua BAZNAS Bulukumba, Ustadz Muhammad Yusuf Sandhy memberikan sambutan pada Bimtek dan Pelatihan ZIS di Aula Hotel Agri.

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Jelang Ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022, BAZNAS Kabupaten Bulukumba selenggarakan Bimtek dan Pelatihan Penguatan Pengelolaan ZIS Berbasis UPZ Desa dan Kelurahan bertempat di Aula Hotel Agri, Senin, 28 Maret 2022.

Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bulukumba Muh. Ali Saleng, mewakili Bupati Bulukumba, Bimtek dan pelatihan yang berlangsung selama dua hari itu diikuti oleh seluruh pengurus UPZ Desa dan Kelurahan se Kabupaten Bulukumba.

BACA JUGA:   Kapolres Pimpin Konferensi Pers Kasus penganiyaan secara bersama-sama

Dalam sambutannya, Bupati Bulukumba menyampaikan peran UPZ dalan penguatan pengelolaan zakat di tingkat desa dan kelurahan.

“UPZ Desa/Kelurahan adalah ujung tombak di lapangan dalam melaksanakan pengelolaan dana zakat,” kata Sekda yang mewakili Bupati.

Sementara, Ketua BAZNAS Kabupaten Bulukumba, Muhammad Yusuf Shandy menyampaikan target pengumpulan BAZNAS Bulukumba tahun 2022 sebanyak 17,8 miliar. Sekitar 9 Miliar diantaranya adalah zakat fitrah, yang termasuk dalam out off balance sheet.

BACA JUGA:   Kerap Jadi Sorotan, Komisi D DPRD Bulukumba Minta Dinkes Berbenah

Yusuf Shandy mengharapkan agar zakat fitrah tersebut benar-bemar dikelola secara profesional, transparan dan akuntabel, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Setiap UPZ wajib mencatat seluruh jenis ZIS yang dikelola, mulai dari pengumpulan, pendistribusian, hingga pertanggungjawabannya ke BAZNAS dan Kemenag,” jelas Yusuf.

Untuk diketahui, selain dihadiri oleh 136 pengurus UPZ Desa/Kelurahan, acara tersebut juga dihadiri oleh 10 Kepala KUA dan para Satgas Zakat. (**)