Hari Jadi Sulsel ke 353, Gubernur Kenakan Pakaian Adat Kajang

oleh -

MAKASSAR, BERITA SELATAN.Com – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, mengenakan pakaian adat Kajang dalam Paripurna 353 Tahun Sulsel di Kantor DPRD Provinsi Sulsel, Rabu 19 Oktober 2022.

Paripurna Hari Jadi Sulsel mengangkat tema: Sulsel Optimis, Sulsel Tangguh, Ekonomi Berdaulat.

Andi Sudirman sesaat sebelum menuju ke DPRD terlihat mengenakan seragam hitam, khususnya Passapu yang dipasangkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bulukumba, Andi Buyung Saputra.

BACA JUGA:   353 Tahun Sulsel, Gubernur Andi Sudirman Resmikan Arsinum Pulau Liukang Loe

Andi Buyung menjelaskan, pakaian adat masyarakat Bulukumba yang dikenakan merupakan pakaian adat dominan warna hitam. Andi Sudirman mengenakan ikat kepala (Passapu) dan sarung khas Kajang.

Advertisement
Advertisement

“Beliau mengenakan Passapu, ini ikat kepala khusus untuk masyarakat Kajang yang melambangkan kehormatan. Jadi Passapu itu juga melambangkan kejujuran, karena dia melingkar,” kata Andi Buyung.

BACA JUGA:   Upacara Peringatan Hari Kemenkumham, Liberti Sitinjak Mengajak Insan Pengayoman Berikan Pengabdian Terbaik
Advertisement

Sedangkan warna hitam melambangkan ketegasan dan kesederhanaan. Masyarakat Kajang sebutnya, memilih hidup sederhana, dan kaya untuk kehidupan kemudian.

Advertisement

“Masyarakat Kajang memilih lebih hidup sederhana dan kaya di kehidupan kemudian,” sebutnya.

“Yang dipakai Pak Gub, dikombinasikan dengan baju Bugis yang jas tutupnya. Passapu dan sarungnya dari Kajang,” tambahnya.

Sebagai mantan pemangku ada Labbiria Adat Kajang, Andi Buyung diundang khusus oleh panitia pelaksana untuk memasangkan Passapu kepada Gubernur Sulawesi Selatan.

BACA JUGA:   Setelah Tertunda Dua Tahun, Akhirnya Sang Pelinggis Tebing Samsu Akan Berangkat Umrah

Dalam paripurna Hari Jadi Sulsel ini, Gubernur Andi Sudirman Sulaiman meresmikan 10 unit Teknologi Air Siap Minum (Arsinum), salah satunya di Pulau Liukang Loe Desa Bira Kecamatan Bontobahari.(*)