Diskominfo SP Selayar dan USAID ERAT Gelar Lokakarya Penguatan Satu Data

oleh -

SELAYAR, BERITA SELATAN.Com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo, SP) bekerjasama dengan USAID ERAT melaksanakan Lokakarya penguatan Pelaksanaan Satu Data Indonesia dan Pembentukan Forum Satu Data Kabupaten Kepulauan Selayar di Rayhan Square, Senin, 14 November 2022.

Lokakarya ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. Muh. Yunan Krg. Tompobulu, ST., MT., IPM mewakili Bupati Kepulauan Selayar.

membacakan sambutan Bupati, Asisten Pemerintahan dan Kesra mengatakan penyelenggaraan Satu Data di Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan inplementasi terhadap amanat peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data indonesia.

“Data yang berkualitas akan menghasilkan pembagunan yang tepat guna, tepat sasaran, adaptif dan berkelanjutan atau dapat dikatakan bahwa data yang berkualitas merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan,”pungkas Yunan.

BACA JUGA:   Hari Pertama Masuk Kerja, Wabup Saiful Arif Tekankan Fokus Melayani Masyarakat

Insinkronisasi data yang selama ini selalu dipermasalahkan, salah satunya disebabkan pada referensi pengumpulan data yang dilakukan oleh produsen data yang belum terstandarisasi baik dari segi konsep, defenisi dan metodologinya,”lanjut Yunan.

Advertisement

Lebih lanjut dirinya mengatakan Forum Satu Data yang terdiri dari unsur Bappelitbangda sebagai koordinator, Diskominfo, SP sebagai Walidata, BPS Kepulauan Selayar sebagai pembina data dan perangkat Daerah/Instansi sebagai produsen data.

“Dengan terbentuknya Forum Satu Data ini, saya berharap dapat dijadikan satu wadah untuk menghasilkan data perencanaan dan evaluasi pembangunan yang berkualitas, terpadu dan berintegritas tinggi sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia (SDI),” ucapnya.

Advertisement

“Mari kita bangga melayani negeri, kehadiran Satu Data merupakan wujud keterbukaan informasi publik dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar kepada masyarakat,”sambungnya.

BACA JUGA:   Ribuan Warga Selayar Shalat Idul Adha di Lapangan Pemuda Benteng
Advertisement

Sementara itu, Cristiana Shinta Widya Mulyana Provincial Koordinator Program USAID ERAT Sulawesi Selatan mengatakan program ini adalah kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Amerika yang bertujuan untuk memperbaiki tata kelola pelayanan publik guna peningkatan taraf hidup warga negara Indonesia.

Advertisement

“Program ini mendukung pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota secara khusus Kabupaten Kepulauan Selayar dalam melakukan harmonisasi kebijakan, penguatan kapasitas daerah dan penguatan realisasi anggaran untuk memperbaiki layaan publik,”tambah Mulyana’.

Sejak April 2022 ketika program ini diluncurkan di Provinsi Sulawesi – Selatan kami telah berkomitmen untuk bersama dengan jajaran Pemda Provinsi dan Kabupaten untuk fokus pada isu prioritas masing – masing di daerah.

BACA JUGA:   Basli Ali Terima Kunjungan Kekerabatan Ketua Forum Silaturahmi Keraton Nusantara

Salah satu isu yang disepakati untuk didukun adalah penguatan satu data di selayar dimana nanti tujuan akhirnya adalah terwujudnya tata kelola data pemerintah yang menghasilkan data akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan sert mudah diakses dan dibagipakikan antara instansi pusat dan instansi daerah,”pungkas Mulyana’.

Kami sangat mengapresiasi Pemda Selayar sudah sangat serius khususnya Bappelitbangda, Kominfo, SP serta BPS yang menjadi lokomotif dri Satu Data di selayar, selamat berlokakarya demi terwujudnya generasi masa depan Kabupaten Kepulauan Selayar yang lebih sejahtera,”sambung Mulyana.

Acara tersebut akan berlagsung selama dua hari dari taggal 14 sampai dengan 15 November 2022, dengan peserta para kepala Onganisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para Kasubag OPD. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.