Disdukcapil Resmi Launching Kartu Identitas Anak

oleh -104 views

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) secara resmi launching Kartu Identitas Anak (KIA). Peluncuran KIA dilakukan langsung oleh Bupati Bulukumba H.A. Muchtar Ali Yusuf dan Kadisdukcapil Bulukumba, A. Muliati Nur di Ruang Rapat Bupati, Senin, 5 April 2021.

Kadisdukcapil Bulukumba, A. Muliati Nur mengungkapkan bahwa KIA adalah bukti identitas resmi untuk anak di bawah 17 tahun serta berlaku selayaknya KTP untuk orang dewasa pada umumnya.

BACA JUGA:   Ini Beberapa Lokasi di Bulukumba yang Dijatah Pemadaman Hari Ini

Kartu Identitas Anak memiliki fungsi yakni untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016.

Andi Mulyati menambahkan, dalam upaya mencegah penularan covid-19, Disdukcapil membentuk tim untuk turun kelapangan guna melakukan perekaman identitas kepada masyarakat.

“ini adalah upaya kami terjun ke masyarakat agar masyarakat yang antri di kantor Disdukcapil tidak terlalu membludak, dan untuk memudahkan masyarakat,” ucap Andi Mulyati.

BACA JUGA:   Maksimalkan Dokumen, KMKP RSUD Bulukumba Gelar Pertemuan Internal

Sementara, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf mengungkapkan penerbitan KIA merupakan suatu inovasi dari layanan publik sebagai upaya pemerintah dalam hal perlindungan serta pemenuhan hak anak di kabupaten Bulukumba.

“tentunya, saya menginginkan agar seluruh anak di Kabupaten Bulukumba ke depannya agar memiliki KIA,” ucap Andi Utta sapaan akrab Bupati.

Andi Utta berharap kepada semua pihak agar membantu pendistribusian Kartu Identitas Anak sehingga penyalurannya dapat terlaksana dengan lancar.

BACA JUGA:   Rakor Perdana DPC APDESI Bulukumba Berpusat di Tanjung Bira, Berikut Jadwalnya !!

Andi Utta juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Bulukumba khususnya para orang tua agar ikut terlibat dan bertanggungjawab terhadap pengawasan anak sehingga kenakalan remaja di Bulukumba menurun.

Turut hadir, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. H. Akhmad Januaris, serta Pimpinan dan Pengurus Badan Kominukasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Bulukumba. (**)