Dikukuhkan Bupati, DPC Papdesi Resmi Terbentuk di Bulukumba

oleh -44 views

BULUKUMBA, BERITA SELATAN.Com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Bulukumba periode 2021-2026 resmi terbentuk di Bulukumba ditandai pelantikan dan pengukuhan yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Kamis, 23 September 2021.

Dilantik sebagai ketua Papdesi Bulukumba, H. Amiruddin Rasyid yang juga merupakan kepala Desa Ara Kecamatan Bonto Bahari dan Sekretaris, Muhardi Totti saat ini menjabat sebagai Kepala Desa Dampang Kecamatan Gantarang.

Ketua DPC Papdesi Bulukumba, H. Amiruddin Rasyid mengatakan, Pabdesi hadir di Bulukumba dengan membawa Misi Kebersamaan, Kemandirian dan keberhasilan antar seluruh Kepala Desa.

Tentunya, Papdesi selalu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba termasuk mendukung program dan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf.

Terpenting kata H. Amiruddin, Papdesi ke depan menciptakan program, optimalisasi fungsi dan peran pemerintah desa dalam mengakselerasi pembangunan menuju Bulukumba yang makin maju dan produktif.

“Saya sangat yakin bahwa keberhasilan Papdesi ada ditangan perangkat dan kepala desa dan menjadi wadah dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat Bulukumba,” ungkap Amiruddin, Kamis, 23 September 2021.

BACA JUGA:   Hari ini Alumni SMAN 10 Bulukumba Agendakan Bukber

Sementara, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan selamat dan sukses kepada pengurus Papdesi Bulukumba yang dilantik.

Semoga dengan momentum ini, eksistensi Papdesi di Bulukumba akan semakin menunjukkan kiprah nyata, dan para pengurus dapat mengemban amanah organisasi dengan sebaik-baiknya dengan penuh kebersamaan dan rasa tanggung jawab tinggi.

Lanjut Muchtar, kepercayaan dan amanah sebagai pengurus organisasi, hendaknya menjadi spirit, motivasi dan inspirasi untuk lebih meningkatkan pengabdian serta sumbangsih dalam rangka pembangunan kualitas kehidupan masyarakat, daerah serta bangsa dan negara melalui aktualisasi program dan kegiatan yang akan dilaksanakan ke depan.

“tentu diharapkan melalui wadah persatuan ini, mampu memberikan kerja nyata yang pada dasarnya dapat mendayagunakan segenap potensi lembaga dan anggotanya serta mampu meningkatkan kinerja pemerintah desa, khususnya dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat desa melalui berbagai program yang lebih inovatif dan berdaya guna,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Pengurus Muhammadiyah Doakan Tomy Jadi Bupati Bulukumba

Tugas, Fungsi dan tanggungjawab aparatur pemerintah desa tidak bisa dianggap remeh atau dipandang sebelah mata. Kesuksesan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa tidak terlepas dari peran penting para aparatur pemerintah desa.

Tanpa kehadiran aparatur pemerintah desa, niscaya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa tidak akan berjalan.

Aparatur Pemerintah Desa memiliki peran vital dalam perencanaan, pelaksanaan dan monitoring pembangunan di desa. Sekaligus menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terkait berbagai urusan, baik urusan formal maupun informal termasuk dalam pelayanan administrasi kependudukan maupun pemberian dan penyaluran berbagai bantuan pemerintah kepada masyarakat.

Visi Papdesi yakni terwujudnya Aparatur Pemerintah Desa yang Profesional bermartabat berdedikasi pada tugas dan tanggung jawab, guna mewujudkan desa yang maju mandiri dan sejahtera.

BACA JUGA:   Anggota DPR RI Gandeng LIPI Bina 50 Guru di Bulukumba Buat Karya Ilmiah

Visi tersebut tentunya sangat sejalan dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Bulukumba yaitu Membangun Desa Mandiri untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Untuk menjadi desa yang maju dan sejahtera maka perlu untuk mengedepankan pentingnya peran pemerintah desa di Kabupaten Bulukumba untuk secara aktif mengembangkan potensi perekonomian desa sehingga dapat menjadi desa yang lebih maju dan mandiri.

Untuk itu desa perlu meningkatkan potensi dan produktivitas unggulan agar lebih cepat mengurangi kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran desa.

“Organisasi Papdesi ini tentunya diharapkan menjadi wadah konsolidasi, koordinasi, dan wadah berbagi pengalaman antara sesama aparatur pemerintah desa untuk meningkatkan kinerja pemerintah desa, serta mencari solusi ketika mendapatkan masalah atau hambatan,” beber Andi Utta sapaan akrabnya. (**)